FAO Minta Indonesia Berbagi Sukses Pengembangan Pertanian

Rabu, 15 Mei 2019, 09:13 WIB

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, bersama Direktur Jenderal FAO, Jose Graziano da Silva. | Sumber Foto: Kementan

AGRONET -- Direktur Jenderal organisasi pangan dan pertanian, Food and Agriculture  atau FAO, Jose Graziano da Silva, memberikan apresiasi kepada Indonesia yang dinilai berhasil mengembangkan pertaniannya. Apresiasi itu langsung disampaikan kepada Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, dalam kegiatan pertemuan Menteri Pertanian Negara-negara G20 (G20 Agriculture Minister Meeting - G20 AMM) pada 10-12 Mei, di Niigata, Jepang.

Jose menambahkan dengan kemajuan pertanian itu Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan baik. “Direktur Jenderal FAO berharap kita dapat membagi kesuksesan pembangunan sektor pertanian kita kepada negara lain,” ujar Amran.

Pada pertemuan itu, Amran menceritakan berbagai upaya Indonesia dalam meningkatkan ketahanan pangan dan stabilitas produk pertanian. Sebagai kelanjutannya, FAO minta Indonesia memberi perhatian pada isu food loss dan food waste. Untuk itu FAO siap bekerja sama dalam isu pangan tersebut.

Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang telah menjadi anggota G20, naik dari negara berkembang menjadi negara maju. Karena itu kehadiran Indonesia dalam ajang pertemuan bergengsi negara-negara maju ini sangat dinantikan.

Amran dalam kesempatan itu mengatakan sumber daya manusia pertanian merupakan modal pembangunan yang penting. Oleh karena itu, ujar Amran, kewirausahaan petani muda di pedesaan harus didorong karena minat generasi muda terhadap sektor pertanian saat ini menurun. (591)