Tepung Pregel Siap Mendukung Kuliner Nusantara

Selasa, 18 Juni 2019, 09:29 WIB

Tepung pregel telah dicobakan untuk membuat roti, hasilnya pori dan derajat pengembangan setara terigu. Sementara penggunaan tepung pregel untuk pembuatan mi, menghasilkan mi yang elastis layaknya berbahan terigu. | Sumber Foto:Dok Litbang Kementan

AGRONET -- Pesona tepung pra gelitenisasi (pregel) sebentar lagi akan menyapa pecinta kuliner dengan bahan baku asli nusantara. Tepung dengan bahan baku ubi kayu ini diharapkan menjadi salah satu tepung berbahan baku lokal yang dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan tepung terigu. 

Balitbangtan melalui Balai Besar Pascapanen Pertanian (BB Paspa) dan Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP) melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengawal penyiapan logistik hingga proses produksi massal tepung pregel. Koordinasi dititikberatkan pada kesiapan bahan baku (ubi kayu). 

Bahan baku siap disuplai oleh kelompok tani di kawasan  TTP Cigombong. Sedangkan BB Pascapanen telah menghibahkan satu buah alsintan untuk pemarut ubi kayu sebagai pendukung produksi.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Tim dari PT Infiad sebagai calon mitra yang akan mengembangkan tepung PREGEL dan Tim dari TTP Cigombong yang akan menggerakkan kelompok tani dan kelompok wanita tani.

BERITA TERKAIT

Kepala Balai PATP Retno Sri Hartati Mulyandari berharap uji coba produksi total 1 ton dapat segera terealisasi untuk menguatkan uji pasar. Telah pula disepakati proses bisnis tepung PREGEL termasuk upaya melihat kesiapan bahan baku dan alsintan pendukung sehingga tepung pregel siap bersaing di pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, tepung pregel juga dapat diarahkan sebagai salah satu bahan baku logistik pangan nusantara.

Tepung pregel, hasil modifikasi dari tepung mokaf, proses pembuatannya lebih cepat. Dengan harga 15% lebih murah namun kualitas lebih baik dari tepung mokaf, membuat inovasi anyar ini diyakini mampu mengurangi ketergantungan impor gandum. 

Keunggulan Tepung Pregel 

Ada tiga keuntungan tepung pregel. Pertama, bahan pangan sehat karena proses pembuatannya tidak melibatkan bahan kimia maupun material biologi. Prosesnya juga ramah lingkungan. Kedua, aroma dan tekstur yang halus. Kendati berasal dari ubi kayu, namun ketika dicium, bau khas gaplek tidak lagi terdeteksi. Warna tepung juga putih atau putih kekuningan sehingga terlihat menarik. 

Ketiga, tepung pregel menjadi alternatif bagi konsumen yang sedang menjalani diet khusus bebas gluten. Tepung pregel ubi kayu premix menjadi solusi tepat bagi penderita celiac, suatu gangguan kesehatan di mana pencernaan penderitanya mengalami reaksi negatif saat mengonsumsi gluten. Diet tanpa gluten juga dibutuhkan individu yang sensitif atau alergi terhadap gluten, seperti penderita gluten intolerance, autism, dan lain-lain. 

Berkembangnya industri tepung pregel berbahan baku ubi kayu, dapat memberi multiplier efect luar biasa bagi masyarakat. Industri tepung pregel dapat meningkatkan kesejahteraan petani ubi kayu, juga sektor usaha kecil dan menengah produsen roti dan mi. (234)

BERITA TERKAIT