Banyuwangi Perbanyak Varietas Durian Lokal

Rabu, 09 Oktober 2019, 19:56 WIB

Disaksikan oleh Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi, telah diserahkan Sertifikat Tanda Daftar Varietas kepada petani pemilik Pohon Induk Tunggal (PIT). | Sumber Foto:Dok BPTP Jatim

AGRONET --  Banyuwangi yang terkenal dengan durian merahnya merupakan salah satu sentra durian di Jawa Timur. Disana dijumpai berbagai ragam varietas durian lokal, diantaranya memiliki citarasa spesial, legit-harum-sedikit alkoholik, dengan ditopang daging tebal, biji kempes, buah tak gampang pecah, serta langganan pemenang kontes durian.

Dengan potensi buah lokal tersebut, Balitbangtan dalam hal ini BPTP Jatim bersama Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi mendaftarkan varietas durian yang memiliki ciri spesifik tersebut. Adapun 4 varietas yang telah memperoleh tanda daftar dari PPVTPP Kementerian Pertanian yang langsung diperbanyak dan disiapkan bibitnya adalah varietas Boneng, Maling, Kepodang dan Banteng.

Melalui Kegiatan Inovasi Perbenihan dan Pembibitan Tanaman Hortikultura dan Perkebunan, perbanyakan 4 varietas lokal sebanyak 4.000 pohon berhasil dilaksanakan dengan cara okulasi dan rencana akan didistribusikan kepada petani di musim penghujan tahun ini. 

Harapan kedepan semakin banyak varian buah lokal Indonesia yang dilepas oleh Balitbangtan Kementerian Pertanian untuk memasyarakatkan tanaman unggulan sebagai kearifan lokal tiap daerah serta tentunya memperkaya khasanah sumberdaya genetik Indonesia.(234)