Buyer Meet Sellers, Forum Bisnis Akses Pasar Produk Perikanan

Selasa, 05 November 2019, 11:09 WIB

Forum Buyer Meet Sellers, Forum Bisnis untuk membuka Akses Pasar Produk Perikanan yang berlangsung di Surabaya. | Sumber Foto: KBRN

AGRONET -- Potensi produk perikanan untuk dapat merambah pasar nasional bahkan internasional cukup besar. Untuk itu Pemerintah senantiasa mengajak para produsen terlebih pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengikuti pameran. 

Kepala Seksi Akses Pasar, Promosi dan Logistik, Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk dan Kelautan, Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim, Farida, menyebut produk hasil pengolahan perikanan milik UKM tidak kalah berkualitas dari industri. "Kesulitannya adalah akses pasar," ujarnya, disela acara forum bisnis Buyer meet Sellers for Fish and Marine Product di Surabaya, Selasa (5/11).

Salah satu membuka akses pasar ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim menyelenggarakan forum bisnis Buyer meet Sellers for Fish and Marine Product. Kegiatan itu menghadirkan 50 seller atau penjual yang terdiri dari pelaku UKM produk perikanan yang tersebar di Kabupaten Kota di Jawa Timur. 

Selain itu, juga menghadirkan para buyer atau pembeli yang terdiri dari 50 orang yang masing-masing berasal dari berbagai asosiasi seperti Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), maupun Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).
"Kita akan membahas mengenai efisiensi pola distribusi produk Kelautan dan Perikanan, peningkatan transaksi pelaku usaha melalui finansial teknologi," tuturnya. 

Kegiatan ini, kata Farida, bertujuan untuk mempertemukan antara pembeli dan penjual yakni kelompok usaha kecil menengah atau UKM maupun kelompok pengelola, dan memasarkan produk Kelautan dan Perikanan. "Dalam rangka memfasilitasi para pelaku usaha, untuk dapat membuat kontrak langsung dengan pembeli, demi mewujudkan program Nawa Bhakti Satya yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur," pungkasnya. (kbrn/591)