Profesor Kimia Universitas Teknologi Malaysia Beri Kuliah Umum

Rabu, 11 April 2018, 23:09 WIB

Prof. Dr. Mohd Marsin Sanagi dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) memberikan Kuliah Umum ’Biopolymer-Based Adsorbents for Removal and Analysis of Environmental Pollutants from Water Sample’ di Institut Pertanian Bogor (IPB), di Kampus IPB Dramaga (5/

Agronet - Prof. Dr. Mohd Marsin Sanagi dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) memberikan Kuliah Umum ’Biopolymer-Based Adsorbents for Removal and Analysis of Environmental Pollutants from Water Sample’ di Institut Pertanian Bogor (IPB), di Kampus IPB Dramaga (5/4).

”Alasan saya memilih penelitian tentang lingkungan dengan air, disebabkan karena kondisi lingkungan yang mulai buruk, karena perkembangan industri. Terutama industri logam berat  yang tidak selaras dengan lingkungan,” kata Prof. Marsin. Logam berat itu bisa berasal dari ion-ion logam berat dalam air limbah dari pertambangan dan industri seperti logam, baterai, pengolahan kayu, pupuk, pestisida, cat, dan tekstil.

Lebih lanjut Prof. Marsin memaparkan untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu metode yang tepat yaitu penyerapan dengan biopolimer  yang dapat dikategorikan menjadi empat macam dengan microextraction.
”Biopolimer adalah makromolekuler yang disintesis dari organisasi hidup. Ada empat biomolekuler yakni dari biomassa, produksi mikroba,  sumberdaya pertanian dan bahan kimia minyak bumi dengan cara mikroekstraksi," kata Professor yang pernah mendapat medali emas dalam acara The International Exhibitation Ideas-Investation-New Produxts (IENA) di Jerman pada tahun 2008. Untuk ke depannya, diharapkan terwujud aplikasi penyerap dari biopolimers dan modifikasi biopolimers dengan sistem otomatis dan matriks yang lebih kompleks.

Profesor yang baru pertama kali datang ke IPB ini, juga memuji IPB karena kampusnya yang sangat hijau. Ketua Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB, Prof. Dr. Dyah Iswantini Pradono. M.Sc. Agr yang hadir pada kegiatan ini sangat mengapresiasi kuliah umum dari Prof. Dr. Mohd Marsin Sanagi. (Humas IPB/Ath/ris/555)