IPB akan Bangun Sekolah Peternakan Rakyat di Barito Kuala

Jumat, 27 April 2018, 13:22 WIB

Penandatanganan MoU IPB-Kabupaten Barito Kuala di Kampus IPB, Dramaga, Bogor, Kamis (26/4)

AGRONET-Rektor IPB, Dr. Arif Satria dan Wakil Bupati Barito Kuala, Rahmadian Noor, menandatangani kerja sama terkait pemanfaatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor pendidikan, pertanian, penelitian dan pengabdian masyarakat di kampus IPB Dramaga, Kamis (26/4). Arif mengatakan kerja sama ini untuk memperkuat program pengembangan masyarakat dan pemerintah, sehingga hasil-hasil karya IPB baik inovasi, pemikiran dan teknologi bisa dimanfaatkan di masyarakat.

IPB juga akan mengembangkan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Kabupaten Barito Kuala. Sentra Peternakan Rakyat dan Sekolah Peternakan Rakyat merupakan dua hal yang saling melengkapi dalam rangka tata ulang peternakan rakyat. Sentra Peternakan Rakyat lebih diarahkan ke hardware-nya dalam bentuk pemberian fasilitas untuk kebutuhan peternak sedangkan Sekolah Peternakan Rakyat lebih ke software atau perbaikan mental dan cara berpikir peternak.

“Kampus dapat memanfaatkan SPR sebagai laboratorium penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Persatuan dan kekompakan unsur pemerintah, perguruan tinggi, dan peternak harus makin kuat dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatannya dalam berkontribusi membangun peternakan secara nasional,” kata Arif.

Arif juga berharap kerjasama antara IPB dan Kabupaten Barito Kuala dapat terjalin dengan baik, bukan dalam bidang pertanian dalam arti luas saja, akan tetapi bidang pendidikan juga lebih ditingkatkan melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dengan mendatangkan dan membiayai siswa terbaik Kabupaten Barito Kuala untuk kuliah di IPB.

Wakil Bupati Barito Kuala, Rahmadian Noor, menyambut baik kerja sama ini. Kabupaten Barito Kuala memiliki sumberdaya alam yang potensial untuk dikembangkan, khususnya pengembangan di bidang peternakan, pertanian, dan perikanan yang sangat prospektif. ''Untuk pengembangan potensi tersebut dibutuhkan kajian dan analisis mendalam, sentuhan lebih proporsional dan profesional agar lebih produktif,'' ujarnya. Ia menambahkan, dalam bidang sumberdaya manusia (SDM), Provinsi Kalimantan Selatan ingin mengembangkan kerja sama pada bidang pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

''Kami yakin dengan sentuhan tangan-tangan dari IPB, pertanian, peternakan dan perikanan di Kabupaten Barito Kuala bisa berkembang mulai hulu sampai hilir. Saya menyambut baik kerjasama bidang pendidikan melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dengan mendatangkan siswa yang terbaik untuk belajar di IPB, sehingga nantinya dapat kembali ke daerah untuk membangun Kabupaten Barito Kuala sesuai dengan kompetensi nya masing-masing,” ujarnya. (IPB/222)