IPB dan Pengembangan Pabrik Pakan Ikan

Senin, 30 April 2018, 09:24 WIB

Arif Satria, Rektor IPB, dan Risyanto Suanda, Direktur Utama Perum Perindo, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada kamis (26/4) di kampus Darmaga, IPB. | Sumber Foto:IPB

AGRONET-Perum Perikanan Indonesia (Perindo) menyadari pentingnya pengembangan teknologi pabrik pakan ikan. Untuk memberikan pelayanan dan memperkuat peran bisnisnya, BUMN khusus perikanan ini melakukan kerja sama dengan IPB untuk mengembangkan ilmu, teknologi, dan pengembangan masyarakat dan industri perikanan.

Arif Satria, Rektor IPB, dan Risyanto Suanda, Direktur Utama Perum Perindo, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada kamis (26/4) di kampus Darmaga, IPB. Kerja sama ini merupakan sinergi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Kerjasama ini merupakan tanggung jawab dan konsekuensi penting dari kepercayaan yang sudah ditanamkan, dan akan memacu kreativitas untuk mempengaruhi produk yang dihasilkan dengan baik. Peranan IPB dalam menghasilkan inovasi semakin nyata, dan reputasi IPB semakin baik dalam kancah nasional maupun internasional. IPB siap untuk membantu Perum Perindo dalam pembangunan dan pengembangan pabrik pakan ikan dengan penyedian tenaga yang terampil di bidangnya. IPB juga siap menerjunkan sumberdaya manusia sarjana baru dan mahasiswa untuk mendukung  Perum Perindo dalam hal pembuatan pakan ikan tersebut,” ujar Arif, Rektor IPB dalam sambutannya.

Arif juga berharap Perum Perindo mau menerima para lulusan IPB atau mahasiswa IPB untuk bekerja dan magang dalam penyedian tenaga ahli untuk pendidikan dan pelatihan bidang perikanan, dan pertukaran data dan informasi mengenai bidang perikanan. Sehingga  lulusan IPB dapat menerapkan dan mengembangkan ilmunya di industri terkait. 

Sementara menurut Risyanto, Dirut Perum Perindo, Hubungan Perum Perindo dan IPB sudah terjalin dengan baik. Banyak sumber daya manusia Perum Perindo yang berdedikasi berasal dari IPB.

“Banyak lulusan IPB yang bekerja di Perum Perindo. Jadi saya sangat yakin IPB dapat membantu untuk menerjunkan para peneliti dan mahasiwa untuk membantu  pembuatan dan pengembangan pabrik pakan ikan. Perum Perindo terus mempertimbangkan rencana strategis pembangunan kelautan dan perikanan. Untuk itu diperlukan langkah-langkah terobosan yang menjadi bagian kebijakan sebelumnya dan terintegrasi yang saling memperkuat guna menuju perusahaan perikanan yang tangguh, terpercaya dan penggerak pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu Perum Perindo akan melakukan investasi dan mengembangkan bidang perikanan dalam arti luas. Harapannya hal ini dapat meningkatkan produktivitas, nilai tambah dan daya saing, sekaligus membangun sistem produksi yang modern dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. (IPB/222)