Universitas Brawijaya Gelar Seminar Internasional Pertanian

Rabu, 29 Agustus 2018, 10:57 WIB

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan acara International Conference : on Agriculture and Environmental Development | Sumber Foto:Humas UB

AGRONET--Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan acara International Conference : on Agriculture and Environmental Development, di gedung baru lantai 5 Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FPUB), Senin (27/08/2018). Seminar ini menghadirkan Markus Hassler dari Philips Marburg University, Jerman, Nobukazu Nakagoshi dari Hiroshima University, Jepang , Prof. Shu-dan Yeh dari National Central University, Taiwan, serta Haris Gunawan dari Badan Restorasi gambut (BRG), serta Karuniawan Puji Wicaksono, dan Sujarwo dari Fakultas Pertanian UB.

Markus memaparkan mengenai “ Rural Development and Sosio Economic Research in Germany”. Ia menjelaskan proses penelitian yang dilakukannya di berbagai negara. Ia banyak menemukan dampak perkembangan pertanian karena setiap negara berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

“Di negara kami untuk proses penelitian memang sudah sangat disupport oleh pemerintah kami, jadi kami bisa ke berbagai tempat untuk melakukan penelitian tanpa harus takut untuk kekurangan dana, begitupun sumberdaya yang kami butuhkan juga cukup banyak, terlebih mahasiswa kami sudah mulai dilatih untuk kritis terhadap perkembangan ilmu dan teknologi tak hanya pertanian saja” ujar Hassler.

Nakagoshi yang mengambil tema “ Landscape Ecology for Sustainable Society in Japan “memaparkan bahwa ketersediaan lahan pertanian yang berada di Jepang sangat beda jauh dengan Indonesia. Meskipun begitu, Jepang bisa mencukupi kebutuhan kebutuhan pangan dari sektor pertanian.

Sementara, Shu-dan Yeh menjelaskan peran serangga dalam pertanian, yang selama ini perannya tidak jauh beda dengan Indonesia. Karuniawan Puji Wickasono serta Sujarwo menyampaikan materi dengan Landscape Ecology in Indonesia dan Agriculture Economic in East java menutup rangkain acara seminar. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab peserta seminar dengan pemateri. (Humas UB/222)

BERITA TERKAIT