IPB Siapkan Lahan 13 Ribu Hektar untuk Petani Muda

Kamis, 30 Agustus 2018, 08:58 WIB

Sekolah Vokasi IPB

AGRONET—Sebagai lembaga pendidikan pertanian terkemuka di Indonesia, Intitut Pertanian Bogor (IPB), selalu berupaya menyiapkan lulusannya untuk siap beradaptasi dengan kebutuhan industri pertanian. Serta kerap mendorong mahasiswanya untuk menjadi enterpreneur.

Dalam Studium Generale Pra Wisuda Sekolah Vokasi IPB di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, Bogor (27/8), visi pengembangan sumber daya manusia di bidang pertanian dari IPB ditunjukkan dengan cara menghadirkan narasumber praktisi yang menginspirasi.

Studium generale kali ini menghadirkan alumni Sekolah Vokasi IPB jurusan Budidaya Pertanian, Program Keahlian Teknologi Benih angkatan tahun 2002, Sujino Pemungkas. Sujino menyampaikan bahwa pekerjaannya setiap hari hanya di lahan dan berkomunikasi dengan para petani. “Jadi para lulusan jangan takut jadi petani. Pekerjaan petani merupakan pekerjaan yang mulia, yang dapat menghasilkan pangan yang dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.

Buktinya walaupun jadi petani saya bisa bicara dan menjadi narasumber di depan semua orang yang membutuhkan motivasi tentang pertanian. Untuk itu kita harus selalu bersyukur menjadi petani, ayo majukan petani Indonesia,” ujarnya.

Kemudian hadir menginspirasi juga Head of Medco Foundation, Roni Pramaditia, yang menyampaikan bahwa menjadi pengusaha dan wirausaha muda yang sukses itu tidak mudah. “Harus pandai memulai usaha, mengelola, dan mengembangkan diri baik dan produktif. Saat memulai, lebih baik kuasai satu bidang usaha dengan sempurna, yang benar-benar diminati dan dikuasai. Bangunlah usaha dengan pengetahuan dan bakat yang dimiliki, terus maju berkembang untuk mendapatkan kesuksesan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Pengembangan Karir, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Handian Purwawangsa, menjelaskan IPB terus berupaya untuk mempersingkat masa tunggu para lulusan dalam bekerja. Ada program baru yang ditawarkan kepada para lulusan IPB yakni program pembinaan petani muda. Dalam program ini para lulusan IPB ditawarkan dan difasilitasi dengan pelatihan, lahan, permodalan, pasar, teknologi informasi dan pendampingan.

“Jadi setelah ikut pelatihan para lulusan langsung dapat berproduksi, pasarnya juga disiapkan dan difasilitasi. Jadi untuk para lulusan IPB yang mau bergabung dan tertarik menjadi petani dapat mendaftar dalam program terbaru yaitu program pembinaan petani muda. Sehingga lulusan tidak ada alasan tidak mempunyai lahan untuk bertani, karena sudah disiapkan lahan seluas 13.000 hektar di wilayah Bogor,” ujarnya. (222)