Unsoed Berangkatkan Bantuan untuk Bencana Lombok

Rabu, 05 September 2018, 14:42 WIB

Pelepasan

AGRONET – Rabu minggu lalu satu armada bantuan untuk korban bencana Lombok dilepas oleh Rektor Universitas Soedirman (Unsoed), Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. Bantuan ini dihimpun dari civitas akademika Unsoed, para alumni, dan berbagai lapisan masyarakat.

Dalam sambutannya, Rektor menegaskan pentingnya gerakan Unsoed Peduli Lombok sebagai bagian dari tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi dan karakter kecendekiawanan. Rektor juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat secara aktif dalam kegiatan ini.

Berbagai elemen terlibat dalam kegiatan ini, seperti Program Pascasarjana, Keluarga Alumni Pascasarjana (Kapas) Unsoed, Keluarga Alumni Universitas Soedirman (Kaunsoed), dan Pusat Mitigasi Bencana Unsoed. Sedangkan yang bertindak sebagai posko penyaluran bantuan dan pos kegiatan lanjutan dari Gerakan Unsoed Peduli Lombok ini adalah Alumni Unsoed di Nusatenggara dan sekitarnya yang terhimpun dalam Kaunsoed Bali Nustra.

Ketua Umum Keluarga Alumni Pascasarjana Unsoed, Dr. Drs. Hananto Prasetyo, S.H., M.H. yang turut serta melepas pemberangkatan armada bantuan Unsoed Peduli Lombok ini mengatakan menyebutkan bahwa sinergisme berbagai unsur sivitas akademika dan alumni diharapkan terus berlanjut dan berkembang, untuk meningkatkan daya dukung dan kontribusi bagi masyarakat. Pada kesempatan yang sama, Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D selaku Direktur Program Pascasarjana Unsoed, menambahkan kalau bantuan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama sekaligus sebagai bagian dari program penanaman dan pengembangan karakter kecendekiawanan.

Kegiatan Unsoed Peduli Lombok ini tidak hanya bersifat sesaat, tetapi akan berkelanjutan. Selain menampung dan menyalurkan sumbangan sebagai bentuk tanggap bencana, tindak lanjut program dapat berupa trauma healing, rehabilitasi kesehatan, sosial, dan ekonomi dalam bentuk kegiatan pemberdayaan, serta pengabdian masyarakat. (555)
 

 

BERITA TERKAIT