Penyandang Disabilitas Banyumas Mendapat Pelatihan Agroedukasi

Jumat, 05 Oktober 2018, 16:24 WIB

Sayur Pakcoy | Sumber Foto:Humas Unsoed

 

AGRONET--Selama ini penyandang disabilitas relatif kurang mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah memandang perlu adanya usaha membangun kemandirian penyandang disabilitas agar mampu berperan dalam kehidupan bermasyarakat.

Gayung pun bersambut. Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Banyumas, Apri Hartanto, SE ME saat berkunjung ke Exfarm Faperta Unsoed beberapa waktu lalu menyampaikan kepada ketua dan sekretaris tim pengelola Ir M Nazarudin Budiono MSc dan Dyah Susanti SP MP sebagian besar penyandang disabilitas, terutama tunadaksa, selama ini masih bergantung kepada orang lain dan belum berperan banyak dalam bermasyarakat.

“Keterampilan-keterampilan khusus yang dimiliki oleh penyandang disabilitas diharapkan mampu menjadi bekal untuk memulai dan mengembangkan usaha. Tujuannya agar nantinya mereka mampu menghidupi diri sendiri bahkan keluarganya,” Ujar Apri.

Menurut Dyah, dalam rangka Dies Natalis ke-57, Faperta Unsoed akan menyelenggarakan bakti sosial dalam bentuk pelatihan agroedukasi bagi penyandang disabilitas. “Pelatihan ini diharapkan memberikan bekal untuk para penyandang disabilitas, khususnya tunadaksa agar mengenal dan memiliki keterampilan di bidang pertanian yang dapat menjadi peluang usaha,” Imbuhnya.

“Pelatihan agroedukasi untuk anggota PPDI ini diselenggarakan pada hari ini, (5/10) di kompleks Exfarm Faperta Unsoed mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Yang secara resmi dibuka oleh Dekan Faperta Dr Ir H Anisur Rosyad MS,” Ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Alief Einstein. (Humas Unsoed/711)

BERITA TERKAIT