Kuliah Umum Fakultas Pertanian UNS

Implikasi Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Tenaga Kerja

Kamis, 13 Desember 2018, 16:34 WIB

Kuliah Umum FP UNS | Sumber Foto:Humas FP UNS/ fp.uns.ac.id

AGRONET --  Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret  (UNS) bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Kementerian Pertanian RI menyelenggarakan kuliah umum, Rabu, tanggal 5 Desember 2018 yang lalu, dengan mengangkat tema “Revolusi Industri 4.0 : Tantangan dan Implikasinya Pada Pasar Tenaga Kerja Sektor Pertanian”.

Kuliah Umum menghadirkan narasumber Ir. Winarhadi, MM, Widyaiswara pada Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Kementerian Pertanian RI, yang juga alumni Fakultas Pertanian UNS angkatan tahun 1976.  Kuliah umum dihadiri lebih dari 200 peserta yang terdiri dari pengajar dan mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dalam kesempatan tersebut Winarhadi banyak menyampaikan arah kebijakan dan peta jalan, bagaimana negara melakukan antispasi atas isu strategis dan tantangan ke depan.  “Tantangan dan isu-isu strategis yang dihadapi bangsa Indonesia ke depan adalah masalah daya saing bangsa yang sangat dipengaruhi oleh bebrapa faktor antara lain korupsi, inefeisiensi pemerintahan, akuntabilitas publik, pelayanan publik, birokrasi yang berkelas dunia dan kompleksitas manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN),” demikian disampaikan Winarhadi.

Winarhadi mendorong mahasiswa agar selalu meningkatkan kemampuannya “Mahasiswa harus bisa melengkapi diri dengan kompetensi yang lain agar mampu bersaing di dunia kerja era revolusi industri 4.0.  Tanpa melengkapi diri dengan kompetensi yang lain serta mampu merubah pola pikir dan pola sikap maka seseorang tidak akan mampu bersaing” pesan alumni  program studi Sosial Ekonomi Pertanian FP UNS ini kepada para juniornya. (humas FP UNS./fp.uns.ac.id)