STP Ciptakan Ide dan Inovasi melalui FISIONTICAL 2019

Jumat, 15 Maret 2019, 11:04 WIB

FISIONTICAL 2019 (Fisheries Competition and Education Festival) telah sukses diselenggarakan oleh Organisasi Senat Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) akhir Februari lalu di Jakarta. | Sumber Foto:Dok Humas STP

AGRONET --  “Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa perlu mengembangkan kreativitas dan inovasi, termasuk dalam sektor kelautan dan perikanan. Saya ingin FISIONTICAL bisa mendukung pemuda untuk siap menghadapi Revolusi Industri 4.0,” demikian disampaikan Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Prof. Sjarief Widjaja dalam sambutannya saat seremonial FISIONTICAL akhir Februari 2019  lalu di STP, Jakarta.

Sjarief berharap para generasi muda Indonesia dapat unggul bersaing dengan bangsa lain dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang kelautan dan perikanan. “Saya ingin di masa mendatang lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang kompeten dan profesional dalam mengelola sektor kelautan dan perikanan yang lebih baik, untuk kesejahteraan masyarakat. Karenanya, Sekolah-sekolah kita harus berorientasi pada inovasi,” tambah Sjarief. Di akhir sambutannya Sjarief memberikan apresiasi tinggi dan ucapan terima kasih kepada STP serta pihak lain yang telah membantu terwujudnya kegiatan FISIONTICAL.

FISIONTICAL 2019 (Fisheries Competition and Education Festival) telah sukses diselenggarakan oleh Organisasi Senat Taruna Sekolah Tinggi Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) 24-25 Februari 2019  lalu di Jakarta,. FISIONTICA merupakan wadah aspirasi untuk generasi milenial menuangkan ide-ide dan inovasinya di sektor kelautan dan perikanan.

Ketua STP Jakarta, Moch Heri Edy menyampaikan bahwa tujuan kegiatan FISIONTICAL antara lain : (1) mendukung cita-cita Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia, (2) mendukung pengembangan sumberdaya manusia yang kompeten, kritis, unggul dan berdaya saing global dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di sektor perikanan dan kelautan, (3) mewadahi pemuda untuk membangun ide dan inovasi di sektor kelautan dan perikanan, (4) menciptakan generasi perikanan milenial yang positif dan penuh kreasi, (5) menjalin hubungan persahabatan antar mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia, dan (6) memperkenalkan berbagai macam produk perikanan Indonesia.

BERITA TERKAIT

Dalam rangkaian kegiatan FISIONTICAL, dihelat empat perlombaan yaitu Lomba Inovasi Teknologi Perikanan Terapan, Lomba Essay, Lomba Poster dan Lomba Fotografi.

Lomba Inovasi Teknologi Perikanan Terapan merupakan perlombaan menciptakan dan mengembangkan sebuah inovasi terapan nyata di bidang kelautan dan perikanan untuk mengawal kemajuan Industri 4.0.  Lomba Essay merupakan lomba menciptakan gagasan sebuah inovasi dan solusi mengenai permasalahan bidang kelautan dan perikanan dengan tema “Generasi Perikanan Milenial era Industri 4.0”.

Lomba Poster merupakan lomba desain visual yang bertema “Pemuda Perikanan Milenial” dengan berbagai subtema sebagai wadah berkreasi dalam menyajikan kajian atau informasi yang menarik untuk mengenalkan dunia perikanan kepada masyarakat.  Sedangkan lomba Fotografi dengan tema “Ada apa dengan perikanan saat ini?” untuk mengajak milenial lebih peka terhadap kondisi perikanan saat ini.

Dalam FISIONTICAL juga diselenggarakan Forum Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang diharapkan dapat mencari, mengkaji dan merumuskan solusi atas permasalahan terkini sektor kelautan dan perikanan dalam menghadapi era Industri 4.0.

FISIONTICAL 2019 juga menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif seperti Dendi Anggi Gumilang (Direktur Utama PT Perikanan Nusantara), Risyanto Suanda (Direktur Utama Perum Perindo), Budi Sasongko (Direktur Utama PT Garam), Kaisar Akhir (Founder Maritim Muda Indonesia) dan Brahmantya Setyamurti Poerwadi (Dirjen PRL), dalam Seminar bertemakan “Peran Generasi Milenial untuk Kelautan dan Perikanan di Masa Depan” dan Talkshow dengan tema “Digitalisasi Penyelesaian Masalah Kelautan dan Perikanan”. (Humas BRSDM KP/ 234)

BERITA TERKAIT