Mahasiswa Untidar Gelar Pelatihan Hidroponik

Selasa, 19 Maret 2019, 12:44 WIB

Para peserta pelatihan hidroponik. | Sumber Foto:untidar

AGRONET -- Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Universitas Tidar (Himagro Untidar) mengadakan pelatihan hidroponik bersama warga RW 07 Dumpoh, Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk nyata dalam pengabdian kepada masyarakat.

Acara yang berlangsung pada beberapa pekan lalu, diisi dengan materi, praktik budi daya hidroponik, dan sesi tanya jawab. Hadir sebagai narasumber Budi Haryono, dari PT. Indmira.

Dalam materinya, Budi menjelaskan hidroponik secara umum, sistem-sistem yang digunakan, peralatan, penyemaian, perawatan, keunggulan hidroponik, dan nutrisi yang digunakan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pelatihan, mulai dari pelarutan nutrisi, pencampuran, penyiapan tempat, pengisian media tanam, dan penanaman bibit.

Pelatihan tersebut menerapkan sistem hidroponik rakit apung untuk skala rumah. Sistem bertanam dengan hidroponik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pertanian biasa. Untuk daerah perkotaan, hidroponik cocok diterapkan karena lebih hemat tempat dan tidak perlu perawatan rutin, hanya perlu menambahkan nutrisi.

Saifurrohman, ketua panitia acara, berharap degan adanya kegiatan pelatihan hidroponik untuk warga dapat nantinya diterapkan dalam masyarakat. Kemudian dapat mencukupi kebutuhan sayuran yang sehat secara mandiri untuk skala rumah dan dapat menjadi ide usaha.

Pelatihan hidroponik ini merupakan rangkaian acara Agrotech Delight yang merupakan program unggulan Himagro Untidar. Agrotech Delight merupakan kegiatan mahakarya dari mahasiswa Agroteknologi Untidar dengan mengangkat tema “Potensi Hasil Usaha Tani Hidroponik sebagai Budidaya Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan”. (untidar/591)