Polbangtan Manokwari Menuju Sistem Pendidikan Berstandar Internasional

Senin, 13 Mei 2019, 11:26 WIB

Pembukaan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan, di Hotel Santika, Depok, Jawa Barat. | Sumber Foto:AGRONET (NS)

AGRONET -- Tepat satu tahun standar sistem manajemen internasional untuk organisasi pendidikan terpublikasikan, ISO 21001:2018.  Standar tersebut memberikan panduan terkait kualitas pemberian layanan yang lebih baik mengacu pada acuan internasional.   Menyoroti hal tersebut, Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengadakan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Hotel Santika, Depok, Jawa Barat. 

Wakil Direktur I Polbagtan Manokwari, Susan C. Labatar, S.Pt., M.P. menyatakan, “Sosialisasi penjaminan mutu sangat penting dan harus mendapat perhatian yang khusus dari institusi.” Terlebih peranannya dalam Akreditasi Institusi, Akreditasi Program Studi, ISO, dan hal lainnya.  Untuk itu dibutuhkan peran dari seluruh civitas akademika dan juga stakeholder menuju goal institusi yang sustainablei menuju world class Polytechnic.

Wadir Polbangtan Manokwari beserta sejumlah pimpinan dari enam Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang tersebar di seluruh Indonesia serta Kepala Unit Penjaminan Mutu Polbangtan mengikuti kegiatan yang digelar selama dua hari, 8 dan 9 Mei 2019  lalu .

Dalam sambutan kegiatan, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, diwakili oleh Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP menyatakan, “Jangan terjebak pada kurikulum tapi juga pada pengendalian mutu pendidikan harus diperhatikan dari mulai penerimaan mahasiswa baru hingga menjadi wisuda.”

Agar pengendalian mutu lulusan Polbangtan dapat terstandar dengan baik dari berbagai wilayah, melalui sosialisai ISO 21001:2018 juga dibahas beberapa aplikasi dalam jaringan (daring) untuk pengumpulan data yang terintegrasi.  Pengembangan SISTER, Sosialisasi DUPAK Online dari LLDIKTI serta Sinergitas Pendidikan dan Penelitian (Research education linkage) sederet sistem informasi yang dikulik lebih dalam.

Menanggapi kegiatan yang diadakan di Depok, Jawa Barat.  Direktur Polbangtan, drh. Purwanta, M.Kes menyatakan bahwa sambil menunggu pengesahan dari Ikan terkait ISO 21001:2018, Polbangtan Manokwari terlebih dahulu akan menyiapakan ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu. (NS)

BERITA TERKAIT