Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Kembali Selenggarakan Program Setara D-1

Jumat, 10 November 2017, 20:33 WIB

Penyematan seragam pada perwakilan peserta dari Provinsi D.I. Aceh dan Kalimantan Utara | Sumber Foto:Dok. Poltek CWE

AGRONET - Program Beasiswa Pendidikan dan Pelatihan Kelapa Sawit setara Diploma Satu (D-1) kembali diselenggarakan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE).  Tahun ini (8/11) kegiatan diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari 17 provinsi di Indonesia.  Ahdiat Leksi Siregar, CWE Training Manager, menyebutkan, “Peserta kegiatan merupakan anak petani kelapa sawit.  Dengan mengikuti kegiatan ini,  peserta disiapkan untuk menjadi Mandor Kebun Kelapa Sawit.”

Selayaknya Program D-1, program ini pun dilaksanakan selama 12 bulan.  Terbagi menjadi 2 semester.  Pelaksaan program diawali dengan Pembinaan mental, fisik, dan kedisiplinan yang dikawal langsung Rindam Jayakarta.  Selanjutnya, peserta memperoleh pembelajaran di Politeknik CWE selama 8 bulan dan 4 bulan praktik lapangan di perusahaan dan koperasi perkebunan Kelapa Sawit.

Sebanyak 22 Mata Kuliah akan dienyam para perserta.  Ir. St. Nugroho Kristono, M.T., Direktur Politeknik CWE menyebutkan, “Politeknik Kelapa Sawit CWE telah mempersiapkan tim pengajar atau instruktur yang berkompeten di bidang perkebunan kelapa sawit serta manajemen SDM untuk mendukung program ini.”  Para pengajar terdiri dari praktisi perkebunan kelapa sawit dan penggerak koperasi kelapa sawit yang telah memilki sertifikat Asesor Kompetensi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Diakhir pendidikan tidak hanya sertifikat yang akan peserta peroleh, namun juga peserta akan mengikuti uji kompetensi.  Uji kompetensi mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Mandor Kebun Kelapa Sawit.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) turut berperan dalam kegiatan ini.  Penyematan seragam pada perwakilan peserta dari Provinsi D.I. Aceh dan Kalimantan Utara oleh Kepala Divisi Program Pelayanan Direktorat Penyaluran Dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS), Prayuda Moeljo, didampingi oleh Direktur Politeknik CWE bersama Sekjen DPP APKASINDO, Asmar Arsjad, menandai dimulainya kegiatan pelatihan (269).

Komunitas