Kolaborasi IPB dalam Summer School Sustainable Palm Oil

Minggu, 26 November 2017, 08:13 WIB

Mengenalkan agribisnis sawit yang berkelanjutan di Indonesia | Sumber Foto:Humas IPB

AGRONET - Kegiatan Summer School Sustainable Palm Oil resmi dibuka Senin (20/11). Bertempat di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Kegiatan ini merupakan Konsorsium Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi di Indonesia. Di antaranya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jambi (Unja), dan Universitas Tadulako (Untad). Bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri RI dalam rangka diseminasi kegiatan sawit, meliputi tanaman, sumberdaya manusia (SDM), hingga lembaga dan tata kelola. Konsorsium Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi di Indonesia telah menjalin kerja sama penelitian dengan University of Goettingen Jerman (CRC 990/EFForTS) yang sejak tahun 2012 telah menghasilkan tidak kurang dari 60 publikasi internasional. CRC 990/EFForTS merupakan kerja sama penelitian yang komprehensif terkait efek perubahan lahan hutan menjadi agroforestry kelapa sawit, baik dari segi kajian lingkungan, keragaman hayati, maupun sosial ekonomi dan kebijakan.

Ketua BPPK Kementerian Luar Negeri RI, Siswo Pramono mengatakan Summer School ini diikuti 16 peserta, 11 orang dari luar negeri dan 5 orang dari Indonesia. Mayoritas peserta asing berkewarganegaraan Jerman, tetapi ada juga peserta dari Spanyol, Italia, Malaysia hingga Colombia. Para peserta berasal dari mahasiswa, pengajar, peneliti, dan beberapa non governmental organization (NGO) terkait.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan agribisnis sawit yang berkelanjutan di Indonesia dan zero waste management pada industri sawit kepada para peserta. Kegiatan ini akan dilaksanakan di dua tempat, yakni penyampaian materi di Bogor selama satu minggu kemudian field visit di Jambi selama dua minggu. Kegiatan di Bogor dikoordinir oleh IPB, sedangkan kegiatan di Jambi akan dikoordinir oleh Unja dan Untad. Tampak hadir pada kegiatan pembukaan summer school ini Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis IPB, Prof. Dr. Hermanto Siregar. (Humas IPB/111)