IPB Ikuti Program Pertukaran Pelajar 2017 di Thailand

Jumat, 22 Desember 2017, 18:40 WIB

Tahun ini, program lebih difokuskan pada penelitian untuk bahan penulisan skripsi dan seminar hasil penelitian. | Sumber Foto:Humas IPB

AGRONET - Memasuki tahun kedua kerja sama, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mengirimkan beberapa mahasiswa pertukaran pelajar ke Faculty of Science, Kasetsart University (KU), Thailand. Para mahasiswa tersebut adalah Ismail Shaleh, Era Mardiyah, Rara Tiara, dan Sissy Nagita Octarya. Kerja sama yang terjalin berupa Program Pertukaran Pelajar 2017 yang diadakan oleh International Program Centre (IPC), Faculty of Science, Kasetsart University (KU), Thailand, sejak 1 Agustus hingga 31 Desember 2017.

Program ini diadakan berdasarkan Memorandum of Agreement (MoA) antara FMIPA IPB dan Faculty of Science, KU pada tahun 2015 bersamaan dengan the 1st International Conference on Biosciences (ICoBio) di Bogor. Tahun ini, program lebih difokuskan pada penelitian untuk bahan penulisan skripsi dan seminar hasil penelitian dengan pembimbing dari IPB dan KU. Selain itu, para mahasiswa juga mengikuti kelas bahasa Thailand selama dua bulan untuk memudahkan interaksi dengan warga setempat.

Kegiatan lainnya seperti study tour dan tamasya ke berbagai tempat wisata dan taman nasional di Thailand menjadi kegiatan mengasyikkan di sela-sela waktu belajar. Perbedaan makanan, bahasa, dan budaya menjadi tantangan tersendiri mereka selama bertahan hidup di negeri gajah putih ini. Namun, itu semua mereka anggap sebanding dengan pembelajaran, pengalaman dan jaringan global yang mereka dapatkan selama lima bulan perantauan itu.

Selain dengan Kasetsart University, Departemen Biologi juga telah menjalin beberapa kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi lain terutama di kawasan Eropa dan Asia. Jalinan kerja sama ini memungkinkan program pertukaran pelajar dan kolaborasi riset di masa depan selalu terjamin. (Humas IPB/111)

Komunitas