Grup Peternak Kambing-Domba Indonesia Raih 51.000 Anggota

Senin, 17 Juli 2017, 00:09 WIB

Para Ngademin | Sumber Foto:Muhammad Imran

AGRONET - Jika Anda peternak kambing atau domba, cobalah bergabung dengan Grup Peternak Kambing-Domba Indonesia. Caranya, Anda tinggal masuk ke Facebook dan bergabung. Grup Peternak Kambing-Domba Indonesia saat ini telah memiliki sekitar 51.000 anggota.

Grup ini terbentuk karena banyak peternak sulit memperoleh informasi tentang budidaya ternak kambing-domba. Sampai pada akhirnya, dipenghujung 2009 terbentuklah grup Peternak Kambing-Domba Indonesia. Muhammad Imran yang berdomisili di Riau, ’Presiden’ grup Peternak Kambing-Domba Indonesia, menjelaskan, ”Saat itu belum banyak komunitas maupun organisasi yang mengkhususkan diri pada dunia peternakan kambing. Pada saat itu, peternak di Sumatra kebanyakan sudah sepuh dan kurang terbuka untuk memberikan informasi.”

Pada saat itu, Imran bertemu dengan beberapa rekan yang terlibat dalam program ’Sarjana Membangun Desa’ (SMD), dan kebetulan mereka memiliki minat yang sama. Dengan adanya rekan-rekan SMD ini, diskusi dan sharing ilmu di Facebook semakin kerap. Diskusi dalam grup akhirnya meyakinkan anggota grup bahwa usaha peternakan kambing-domba merupakan suatu usaha yang menjanjikan, bukan sekedar hobi.

Salah satu contoh nyata manfaat grup ini, seperti ketika Muhammad Nur Ibrahim –seorang anggota- membutuhkan bantuan informasi ketika kambingnya mengalami kembung. Tidak perlu menunggu waktu lama. Masukan dan saran segera ia peroleh.

Setelah beberapa tahun berdiskusi di dunia maya, maka pada Desember 2012 diadakan pertemuan yang diberi nama ’Silaturrahim Nasional’ (Silatnas) Peternak Kambing-Domba Indonesia. Sebanyak 80 orang dari Sumatera hingga Kalimantan berkumpul di Tawangmangu, Jawa Tengah.

Berselang 2 tahun, pada November 2014 peserta yang hadir bertambah hingga 200 peserta, dan dihadiri juga oleh Dirjen Peternakan (Dirjennak) Kementerian Pertanian (Kementan). Begitu pula, pada Silatnas 3 di Tawangmangu, Dirjennak turut hadir. Pada Silatnas 4 di Bantul, bukan hanya Dirjennak yang hadir, Ketua MPR dan Staf Ahli Mentan pun hadir dalam kegiatan tersebut. Rencananya, Silatnas 5 akan diadakan pada akhir September 2017 di Jakarta.

Di luar kegiatan Silatnas, para anggota grup juga sering bertemu. Bahkan, diadakan pula pelatihan bagi para anggota. Untuk menunjang kegiatan ini, anggota di bantu admin group yang berasal dari berbagai organisasi peternak kambing-domba.

Untuk mengurus akun Facebook Grup Peternak Kambing-Domba Indonesia, dikerahkan lebih dari 20 orang admin. Sebutan untuk para admin pun unik. Mereka disebut ’ngademin’. Para ’Ngademin’ ini menyebar di setiap provinsi. Jika ada kegiatan di lokasi masing-masing, maka ‘Ngademin’ lah yang akan mengurus.

”Para Ngademin memiliki minat dan semangat untuk memajukan dunia peternakan kambing-domba di Indonesia,” jelas Imran yang juga pemilik Peternakan Kambing Umban Sari. Imran berharap grup ini dapat ’meracuni’ para pemuda dan civitas akademika agar mau beternak.

Jadi, tunggu apa lagi. Jika Anda peternak kambing atau domba, segera bergabung dengan Grup Peternak Kambing-domba Indonesia. (269)

 

BERITA TERKAIT