FCB, Bermula di ‘Sosmed’ Lalu ‘Kopdar’

Kamis, 07 September 2017, 23:45 WIB

Forum Cupang Bogor

AGRONET - Forum Cupang Bogor (FCB) berawal dari pertemanan di Sosial Media Facebook, kini para anggota FCB rutin melakukan ‘kopi darat’ (kopdar).  “Saya dan teman-teman adakan kopdar di rumah saudara Yogi, Lebakoca, Semplak Bogor, Jawa Barat.  Disanalah terbentuk grup pada FCB pada 12 Desember 2014,” sebut Aziz Fauzi, pencetus Forum Cupang Bogor. 

Sebagai wadah silaturahim antar penghobi, peternak dan penjual cupang di Daerah Bogor, tujuan Forum ini terbentuk. Ikan cupang  yang dipilih, dikarenakan ikan ini berbeda dengan jenis ikan lainnya.  Ikan cupang memiliki nilai seni yang tinggi ketika ikan sedang mengembangkan siripnya.  Selain itu, perawatan ikan cupang pun mudah, tidak perlu menggunakan airator.

Memasuki tahun ke-3, kini anggota FCB di sosial media sudah lebih dari 10 ribu pengguna.  Pasalnya,   pengemar ikan cupang mencakup semua kalangan. Dari anak-anak hingga orang tua yang sudah berusia lanjut.  Dan juga dari berbagai latar belakang pekerjaan, seperti pelajar, mahasiswa, polisi, TNI, PNS, karyawan swasta ataupun wirausahawan.     

Anggota Forum Cupang Bogor

Tidak ada keharusan menjadi member FCB yang tercatat.  Namun khusus wilayah Bogor, yang sering melakukan kopdar sudah tercatat dan memiliki kartu anggota, sebanyak 500-an anggota.  Untuk mempermudah koordinasi, maka dibuatlah struktur organisasi,

Ozi, begitu Ia akrab disapa, sebagai pencutus FCB diamanahi sebagi Ketua Forum ini.  Dalam forum ini, para anggota dibebaskan berekspersi dalam forum ini.  Seperti Okky Andriansyah Sukinem Oi, sudah 2 tahun bergabung di FCB. 

Okky, begitu panggilan akrabnya, yang berdomisili di desa Sanja, Citeureup, Bogor, meskipun masih satu daerah Okky hanya menjadi anggota online.  Dengan bergabung di Facebook FCB, Okky banyak mendapat perkembangan informasi tentang ikan cupang, Okky pun berjualan Ikan Cupang ini secara online.   Orderan pun berdatangan dari kota-kota lain. Spesifikasi ikan cupang atau betta fish yang Okky jual, adalah jenis petarung (betta fighter). 

Ikan Hias Petarung Milik Okky

Berbeda halnya dengan Fitriandri Zulfikar alias Ale Andri, sejak 3 tahun terakhir, Ale lebih memilih untuk memperdalam ikan cupang jenis hias.  “Hobby main cupang sudah dari kecil, dulu saya suka ngadu cupang, sekarang sudah nggak,” kenang Ale.  Dari FCB ini saya dapat banyak ilmu tentang cupang, tambahnya.

Tidak hanya Ale yang merasa ilmunya bertambah dengan bergabung dengan forum ini.  Banyak dari anggota FCB yang merasakan hal yang sama.  Bertambah teman, kemudahan memperoleh informasi tentang ikan, informasi seputar agenda kontes, bertemu dan belajar langsung dari para penghobi senior yang berasal dari Bogor maupun luar Bogor, sederet manfaat yang dapat diperoleh para anggota.  Buah dari itu semua, mendapatkan penghasilan dari pejualan ikan cupang bagi yang bertujuan berdagang di forum ini.  Peluang sangat tebuka lebar bagi yang ingin melebarkan pasar penjualan.

Manfaat bergabung dengan FCB juga sangat terasa, mana kala para anggota ikut serta dalam acara Kopdar.  Sesuai dengan kebebasan berekspresi di forum ini, tempat yang dipilih untuk kopdar pun bertempat di Taman Ekpresi, Sempur, Bogor, Jawa Barat.  Hal ini yang membuat FCB lebih terasa kekeluargannya.

Rasa kekeluargaan dan kebersamaan pun semakin terasa di saat Bulan Ramadhan.  Para anggota FCB dengan sukarela menyisihkan penghasilan mereka dari hasil penjualan untuk berbagi dengan sesama.  Pembagian takjil di daerah Bogor, tepatnya di Trafic Light Jalan Empang, dan juga santunan yatim.  Kegiatan sederhana namun memberi manfaat untuk orang lain.

Kegiatan lain yang cukup mengundang perhatian yakni ‘latber’.  Latihan Bareng? tanya agronet. “Latber sama dengan kontes tapi skala kecil saja hanya anggota FCB dari Bogor saja,” jelas Ozi.  Latber salah satu sarana mengedukasi masyarakat bahwa ikan cupang tidak hanya ikan petarung, namun juga termasuk ikan hias.  Latber ini juga merupakan kegiatan pelatihan menuju kontes nasional.  Nah kontes nasional diadakan setahun 2 kali, tambahnya.

Ikan Cupang Hias Milik Ale

Tahun ini, kontes nasional sudah diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bogor, Juni lalu.  Dalam waktu dekat, 22 Oktober 2017, akan diadakan kontes nasional.  Bertempat di Institute Pertanian Bogor (IPB), Baranangsiang, Bogor.  “Untuk kontes nasional di IPB, tahun kemarin ada juga peserta dari Taiwan, Singapore, dan Malaysia,” papar Ozi.

Selain kontes Nasional, FCB pun menggelar kontes cupang per tiga bulanan yang sudah menjadi agenda rutin.  Rencana kedepan, FCB ingin galakan pelatihan cara ternak untuk pemula.  Dengan adanya pelatihan ini percupangan di Kota Bogor, khususnya, dapat semakin maju.  Dari segi kualitas ikan dan harga juga dapat meningkat.

Saat ini ikan-ikan dari anggota FCB sudah banyak yang terjual ke luar negri.  Dengan adanya pelatihan nanti, diharapkan semakin memberikan semangat bagi anggota pemula. 

“Semoga dengan adanya FCB anggota bisa terjaga silaturahimnya dan kedepannya ikan cupang tidak lagi dipandang sebelah mata.  Bukan sekedar mainan anak kecil yang tidak ada harganya melain kan ikan cupang yang memiliki nilai seni yang tak ternilai harganya.” harap Ozi. 

Bagi warga Bogor, yang ingin tahu tentang ikan cupang .  Ditunggu kedatangannya di Taman Ekspresi Sempur, setiap hari minggu mulai pukul 9 pagi.  FCB rutin ‘Kopdar’. (269)

BERITA TERKAIT