Sharing Cara Rawat Pohon Bonsai Di PPBI Bandung

Kamis, 03 Januari 2019, 10:28 WIB

Even Istana Bonsai yang diselenggarakan oleh PPBI Cabang Bandung di Cipanas, Jawa Barat, pada 29 Desember 2018 . | Sumber Foto:dok istimewa

AGRONET -- Gemar merawat bunga dipekarangan rumah sebagai hobi rasanya sudah biasa, bagaimana jika kita mencoba untuk merawat tanaman Bonsai? Pohon mungil yang begitu cantik yang bisa menjadi tanaman hias di rumah Anda.

Pohon bonsai sendiri punya karya seni yang dinamakan seni  bonsai . Seni  bonsai adalah seni dekorasi atau merangkai pohon bonsai  yang dibentuk sedemikian rupa. Seni merangkai obyek hidup ini populer di Jepang sejak lama, dan mulai berkembang di Indonesia sejak tahun era 70an.

 Seni bonsai tidak hanya dikerjakan oleh perorangan atau industri kreatif saja, tetapi ada satu komunitas atau persatuan yang secara khusus menggemari pohon bonsai dan berkarya di bidang seni bonsai . Adalah Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) yang salah satu cabangnya ada di Bandung. PPBI Cabang Bandung sendiri pertama kali berdiri sejak Agustus 1978.

Wahyudin Sambas Perintis Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Bandung, mengatakan bahwa tantangan dari Bonsai sangatlah menyenangkan. Pasalnya bonsai memiliki kebutuhan air yang tidak terlalu banyak, namun harus selalu mendapatkan cahaya matahari agar tidak mudah layu.
 
Bagi Wahyu, menjadi penggemar tanaman bonsai selain menguntungkan juga sangat menyenangkan. Untuk itu dia menjadi salah satu pendiri dari komunitas PPBI Kota Bandung.

Tujuan didirikannya PPBI ini adalah untuk mewadahi dan mengaspirasi pecinta bonsai yang berdomisili di Bandung. Kehadiran perkumpulan ini untuk memberikan wawasan, keilmuan, teknik, mengadakan even kontes, dan kiat pemasaran pohon bonsai kepada anggotanya.

"Dari mulai suka, kemudian saya bersama kawan-kawan pecinta bonsai membuat komunitas ini agar bisa sharing dengan teman-teman," jelas Wahyudin.
 
Jumlah bonsai yang dimilikinya saat ini hampir 300 pohon, untuk itu selain menjadi hobi, bonsai yang ada di tempatnya yaitu di kawasan Pembudidayaan Abadi Bonsai yang beralamat di Jalan Pasir Wangi Ujung Berung Kota Bandung, sangat terbuka bagi yang ingin menanam Bonsai dan mempelajari bagaimana merawat Bonsai dengan benar.
 
Saat ini anggota dari komunitas PPBI kota Bandung sudah mencapai 600 orang yang selalu mengikuti berbagai pameran di Kota Bandung, tentunya agar semakin banyak yang tahu tentang Bonsai.
 
"Selain kumpul-kumpul dengan anggota, kami juga sering mengikuti kontes. Jadi, para penggemar Bonsai bisa ikut serta dan melombakan Bonsainya," ujarnya (234)