Komunitas D’Jaboers Cat Lovers, Bukan Sekedar Kumpul

Kamis, 04 April 2019, 16:03 WIB

Komunitas D’Jaboers Cat Lovers. Komunitas para pecinta kucing Jabodetabek, didirikan 15 Desember tahun 2013, | Sumber Foto:Dok Komunitas

AGRONET --  Kucing merupakan hewan kesayangan yang sangat lazim untuk dipelihara. Selain lucu dan menggemaskan, kucing memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Kucing bisa membuat pemiliknya menjadi rileks dan senang dengan memelihara kucing. Tidak sedikit juga yang menjadi hobi kucing sebagai penghasilan tambahan mengingat kucing memiliki harga yang relatif tinggi untuk beberapa jenis.

Saat ini pun banyak bermunculan komunitas pecinta kucing di berbagai daerah. Selain sebagai tempat berbagi pengalaman dan tips merawat kucing, komunitas juga menjadi ajang pamer kucing peliharaan yang ternyata juga membutuhkan biaya dan waktu untuk memberikan perawatan khusus.

Salah satu komunitas pecinta kucing yang hingga kini masih eksis adalah komunitas D’Jaboers Cat Lovers. Komunitas para pecinta kucing Jabodetabek ini didirikan tahun 2013, tanggal 15 Desember.

Nama D’Jaboers merupakan akronim dari Depok, Jakarta dan Bogor. Komunitas ini kini sudah mempunyai 400 anggota yang terdaftar, dengan anggota aktif sebanyak 150 orang.

Komunitas ini dibentuk sebagai wadah untuk bertukar pengalaman dan berbagi informasi tentang cara merawat kucing yang baik dan benar. Dalam komunitas ini, mereka berbagi pengalaman dan tanya jawab, terutama lewat social media, Whats App dan Facebook.

Selain berkomunikasi di dunia maya, para anggora D’Jaboers juga aktif mengadakan berbagai acara. D’Jaboers rutin mengadakan kopdar sebulan sekali. Seringnya, kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Gurame, Depok. Selain itu, D’Jaboers juga menyelenggarakan kegiatan yang bersifat sosial, seperti pengumpulan donasi untuk rumah kucing, adopsi kucing liar dan lain lain.

“Komunitas D’jaboers memiliki banyak sekali agenda yang bisa disharing saat kopdar yang rutin kami gelar setiap hari Minggu pagi atau diskusi di grup WA D’jaboers. Kami juga sempat mengadakan even workshop Healthy Cats Happy Family di UI,” tukas Anna Mei, ketua komunitas.

Mengusung slogan ‘together we can share and care’, D’Jaboers cat lovers ingin menebarkan edukasi tentang kucing ras maupun domestik kesesama pecinta kucing maupun masyarakat luas. 

Komunitas ini juga ingin meluruskan stigma negatif yang cenderung telah melekat di masyarakat mengenai dampak buruk memelihara kucing bagi kesehatan.

“Sebenarnya, kucing sama saja seperti manusia. Jika perawatan kesehatannya kurang maksimal, maka akan memiliki berbagai macam penyakit seperti jamur dan virus. Kalau kita telaten dengan memberi vaksin, merawat bulu dan membersihkan areal kandangnya, maka kucing tidak berbahaya bagi kesehatan manusia,” tutupnya. (234)