Kura-Kura Berbagi Cerita

Sabtu, 21 September 2019, 15:00 WIB

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia (KPKI) | Sumber Foto:Dok KPKI

AGRONET --  Banyak orang yang memiliki  kesamaan hobi memelihara binatang seperti  kucing, anjing, kelinci, ular, ikan dan lain lain, memiliki perkumpulan atau komunitas. Begitu juga para pecinta  kura-kura yang berkumpul di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia (KPKI).

KPKI merupakan komunitas para pecinta binatang bercangkang, kura-kura. Para anggota komunitas ini telah memilih kura-kura sebagai hewan peliharaan. Hadir sebagai komunitas berbasis dari hobi yang bisa menjadi wadah atau tempat silaturahmi, berbagi informasi dan menjalin tali persaudaraan antar sesama pecinta kura-kura.

Slogan KPKI, Salam Satu Tanpa Beda, yang bermakna walaupun berbeda jenis kura-kura yang dimiliki, baik yang di darat atau di air, tetapi mereka tetaplah satu.

Christine dari KPKI mengatakan, kura-kura juga bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Meski tampak tenang, bahkan banyak diam, plonga-plongo, tetapi kura-kura juga dapat dididik dan cukup mengerti tentang siapa dirinya.

"Kura-kura itu eksotik. Lihat coraknya, kita jadi suka. Sama seperti kucing atau anjing, kura kura juga menghampiri jika dipanggil, bisa diajarkan sistem begitu," kata Christine.

Komunitas pecinta kura-kura yang sudah ada dari tahun 2015 ini kini memiliki ribuan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan banyak cabang di Bogor hingga Surabaya.

"Kami berusaha berkembang mencari teman mengadakan acara. Lama-lama anggota semakin banyak," Ujar Christine.

Meski belum memiliki jadwal bertemu yang tetap, tapi KPKI getol membuat acara-acara untuk berkumpul bersama/ gathering di berbagai kota di Indonesia seperti Malang dan Surabaya. Biasanya diisi dengan acara yang bersifat edukasi, berbagi pengalaman antar sesama pecinta social.  Dan  juga diramaikan dengan beragam lomba seperti lomba selfie kura-kura dan mini kontes kura Brazil.

Moment kopi darat terbesar mereka adalah saat lebaran, tahun baru dan acara ulang tahun komunitas.

KPKI juga aktif dalam kampanye pelestarian hewan-hewan reptil seperti kura-kura dengan melarang  para anggotanya dan menghimbau kepada msyarakat luas, adanya jual beli kura-kura kecuali asesoris, obat-obatan dan keperluan lain sesuai kebutuhan kura-kura.

"KPKI adalah komunitas. Tidak mengadakan jual beli kura-kura. Kalau anggota memposting  sesuatu dan berinteraksi seperti jual beli, kami tolak," kata Christine.

Jika Anda memiliki kura-kura di rumah atau menggemari binatang eksotis yang bercangkang ini, Anda bisa bergabung dengan KPKI atau  datang ke acara yang mereka gelar, yang biasanya disebarkan lewat akun Instagram resmi mereka, @kpki_official.. (234)