Maharaja Urban Farming, Cara Silaturahmi Warga Perumahan

Minggu, 11 Juni 2017, 21:35 WIB

Tanaman hidroponik milik Rusman Dirgantoro

AGRONET -- Bertempat tinggal di sebuah perumahan, ada kecenderungan para penghuninya kurang peduli sesama  tetangga dan lingkungan. Untuk memikat agar warganya bisa saling berkomunikasi dan sharing  pengalaman, warga Depok Maharaja Kota Depok Jawa Barat ini membentuk sebuah komunitas yang  diberi nama Maharaja Urban Farming (MUF).

MUF berawal dari sebuah groups di media sosial yang beranggotakan beberapa orang penghoby  tanaman, mereka saling diskusi soal hama penyakit, pupuk, perawatan tanaman, dan cara berburu tanaman idamannya.

Ternyata MUF semakin melebar, dan anggotanya semakin banyak, mulai dari yang sekedar ingin memiliki tanaman bunga, sampai kolektor tanaman langka dengan harga mahal. Bahkan hidroponik menjadi salah  satu target pelatihan agar mereka bisa memiliki tanaman hidroponik di rumah masing-masing.

Rusman Dirgantoro adalah salah satu anggota yang telah memiliki instalasi tanaman hidroponik di  rumahnya. Di salah satu sudut halaman rumahnya, Rusman memiliki instalasi hidroponik yang selalu  menghasilkan sayuran segar. Tanaman ini menjadi salah satu hiburan jika ada dirumah, pungkasnya.

Bahkan lelaki paro baya ini juga bersedia memberikan ilmu hidroponiknya untuk para anggota  komunitasnya. Ayo kita kumpul nanti sehabis lebaran, kita ketemu dulu agar saling mengenal dan tukar  pengalaman dalam bertanam di rumah masing-masing, himbauannya yang ditulis dalam halaman grup  sosial medianya.

Grup unik ini juga direspon baik oleh Kadarisman, salah satu anggota pecinta tanaman. Walaupun  posisinya sedang tugas di Bengkulu, Kadar tak pernah absen dalam memberi masukan, diskusi, bahkan  memberi referensi berbagai tanaman unit dan langka. Grup ini benar-benar menjadi penyambung  silaturahmi warga khususnya pecinta tanaman, jelasnya ketika ditemui di bilangan Depok Jawa Barat.  (020)

BERITA TERKAIT

Komunitas