Perindo Siap Kelola Pasar Ikan Modern

Kamis, 28 Juni 2018, 20:32 WIB

Menteri Kelautan Perikanan dan Direktur Utama Perum Perindo di Seafood Expo North America, Boston | Sumber Foto:Perum Perindo

AGRONET -- Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) merencanakan akan mengelola Pasar Ikan Modern mulai akhir tahun 2018.  Saat momen Idul Fitri, Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto menyebutkan, “Pasar ikan yang bersih, menarik, nyama, dan tentunya tidak bau amis menjadi konsep utama pengeloaan pasar ikan modern ini.”

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara menempati area seluas 22.444 m2. Nanti pasar ikan ini akan mengadopsi konsep pasar ikan modern seperti di Seoul, Korea Selatan dan Sydney, Australia.  Bahkan seperti Tsukiji di Jepang yang menjadikan pasar ikan sebagai salah satu tujuan wisata.

Selain bersiap mengelola Pasar Ikan Modern, Perum Perindo juga berencana merambah ke bisnis kuliner hingga edukasi maritim.  Setelah 28 tahun beroperasi, untuk memenuhi kebutuhan pasar Perum Perindo makin memperluas jenis usaha yang dikembangkan.

Perum Perindo yang semula bernama Perusahaan Umum Prasarana Perikanan Samudera (Perum PPS) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang perikanan.  Setidaknya ada 5 bisnis yang dijalankan Perum Perindo. 

Jasa kepelabuhan dan jasa utilitas, perdagangan, pengolahan, budi daya, serta operasi kapal.  Sabang hingga Merauke cakupan wilayah operasional Perum Perindo.  Dari ke-5 bisnis tersebut, 3 yang menjadi bisnis utama. 

Bidang Jasa Pelabuhan Perikanan, Perum Perindo memiliki 6 pelabuhan yang berada di Jakarta, Belawan, Pekalongan, Brondong, Pemangkat, dan Prigi.  Dalam hal pengolahan dan perdagangan, Perum Perindo membeli ikan dari nelayan dan bekerja sama dengan pedagang di berbagai daerah.

Target 2018 dari perdagangan mencapai Rp. 1,038 triliun, hingga triwulan pertama sudah mencapai Rp. 462 miliar.  Sedangkan dari untuk pengolahan, Perum Perindo memiliki 22 unit usaha yang tersebar di seluruh Indonesia.

Perum Perindo akan terus berusaha untuk dapat mencukupi kebutuhan perikanan dalam dan luar negeri.  Saat ini Perum Perindo sudah mengekspor produknya ke Jepang, Cina, dan Amerika.  Selanjutnya, pasar Timur Tengah menjadi targer ekspor Perum Perindo.

Dengan adanya pembangunan pasar ikan modern di Muara Baru diharapkan geliat perikanan di Indonesia semakin bertambah.  Rencana yang telah digaungkan sejak September 2016, akan menjadikan Pasar Ikan Modern Muarar Baru menjadi pasar ikan pertama di Indonesia yang mengusung konsep higienis dan modern. (269/Humas Perum Perindo)

BERITA TERKAIT