Biji Selasih Dipercaya Dapat Menghilangkan Stres

Sabtu, 29 Desember 2018, 08:07 WIB

Selasih dengan beragam manfaat dan khasiat. | Sumber Foto: Asia Fitness Today

AGRONET -- Biji selasih mempunyai beragam khasiat, seperti dapat mengurangi penyakit susah tidur, keadaan gelisah, dan gugup. Selasih dapat juga mengatasi sembelit maupun panas dalam.

Menurut ahli tanaman, Prof. Hembing, selasih mempunyai efek farmakologis merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang (antispasmodic), dan peluruh keringat (diaforetic). Selain itu dapat membantu menghilangkan rasa sakit (analgetic), peluruh kemih (diuretic), menurunkan demam (antipirotic), membersihkan racun, dan meningkatkan sistem imun.

Sutter Gould Medical Foundation dalam penelitiannya (2010), mengungkapkan biji selasih dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, tumbuhan selasih juga dapat sebagai penghalau serangga, nyamuk, dan sebagai atraktan (pemikat) hama lalat buah.

Untuk menghilangkan stress atau sebagai obat penenang, seduhlah 5 gr biji selasih dengan air 200 cc, dan diminum saat hangat. Dapat pula ditambah dengan madu serta perasan jeruk nipis.

BERITA TERKAIT

Cara pemanfaatan biji selasih sebagai obat radang lambung, yakni dengan merebus 5 gr biji selasih dengan suhu air 200 cc dan dicampur dengan 1 sendok makan madu murni. Minum saat hangat-hangat kuku 2 kali sehari, pagi dan malam.

Untuk obat sakit gigi, rebus 10 gr biji selasih dengan 4 butir cengkeh dengan air seperlunya. Minumlah saat hangat-hangat kuku hingga sampai sembuh. (591)

BERITA TERKAIT