Empat Sehat Jeruk Purut, Ini Caranya!

Rabu, 09 Januari 2019, 06:26 WIB

Jeruk purut. | Sumber Foto: Infotamanbuah

AGRONET -- Buah jeruk purut tentu sudah tidak asing bagi kita. Dari bentuk batang tanamannya, jeruk purut dipenuhi duri. Jadi hati-hati  jika menempatkan tanaman jeruk purut di pekarangan agar tidak membahayakan anak-anak karena durinya  yang sangat tajam.

Tetapi di balik batangnya yang berduri tajam, buah dan daun jeruk purut mempunyai banyak khasiat untuk obat dan pemulihan stamina.

Berikut ini beberapa manfaat tanaman buah jeruk purut:

Menghilangkan Capek, Lelah, Letih, dan Lesu

Rebus 2 genggam daun jeruk purut yang masih segar dengan 3 liter air sampai mendidih. Kemudian campurkan dengan air bersih agar menjadi hangat dan gunakanlah untuk mandi.

Menghaluskan dan Melembabkan Kulit 

Masalah kulit bersisik atau kering bisa diatasi dengan jeruk purut. Caranya, siapkan satu buah jeruk purut yang sudah tua kemudian dibelah. Gosokkan pada bagian kulit yang bersisik atau kering. Sebaiknya lakukan sekali sehari sebelum tidur.

Mencegah Ketombe

Siapkan sekurangnya 2 butir jeruk purut kemudian di belah menjadi empat bagian. Gosok perlahan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bersihkan dengan berkeramas. Saat melakukan, sebaiknya kondisi kepala dalam keadaan bersih.

Mengobati Flu 

Caranya potong jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, lalu peras dan seduh dengan air panas secukupnya. Diminum selagi hangat. Selain itu,  jika Anda suka lalapan, bisa juga dengan menyantap daun serta buah jeruk purut yang sudah di potong-potong. Kandungan minyak astiri dalam daun jeruk purut bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh. 

Mudah bukan? Selamat mencoba! (591)