Rahasia Kebugaran Jokowi

Temulawak Jahe, Kolaborasi Mantap Jaga Stamina

Rabu, 06 Pebruari 2019, 13:58 WIB

Kolaborasi temulawak dan jahe menjadi paduan mantab dalam menjaga stamina tubuh. | Sumber Foto:istimewa

AGRONET --   Saat berkunjung ke kantor redaksi salah satu  media cetak di  Semarang, Jateng, Sabtu (2/2) malam lalu,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rahasia penampilannya yang selalu prima meski bekerja  terus menerus hampir tidak pernah beristirahat.

“Saya sudah 17 tahun ini selalu rutin minum  jamu. Berkali-kali sudah saya sampaikan, saya  membuat sendiri, temulawak 80 persen, jahenya 20 persen. Setiap pagi ,hanya pagi, buat sendiri dan perut belum terisi sudah minum itu,” kata Presiden Jokowi.

Temulawak dan jahe tentunya sudah tidak asing bagi kita, apalagi kita yang tinggal di Indonesia. Temulawak dan jahe dikenal sebagai bumbu yang banyak digunakan di masakan tradisional Indonesia.  Seperti kata pak Jokowi,  temulawak dan jahe memiliki manfaat yang sangat luar biasa di bidang kesehatan.  Apa saja manfaatnya?

Temulawak

Temulawak memiliki banyak manfaat yang bisa membantu mengatasi gangguan dalam tubuh. Kandungan yang dimilikk oleh temulawak adalah nutrisi serta senyawa kimia herbal. Senyawa kimia herbal tersebut bisa karbohidrat, kurkumin, minyak atsiri, serta mineral.

Mengobati sakit mag juga merupakan manfaat temulawak.  Akan lebih baik bila minuman temulawak diminum dengan kondisi hangat.

Temulawak juga memiliki kandungan dektoksin yang dapat membantu mencegah masuknya racun ke dalam tubuh. Dengan begitu temulawak juga bisa ikut menjaga organ hati pada tubuh kita. Selain hati, temulawak juga mengatasi gangguan ginjal.

Temulawak menurunkan lemak darah, dilakukan oleh zat kurkuminoid yang dapat menurukan kadar kolesterol dalam darah dan dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol. Selain itu, kurkuminoid  juga menjadi antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi temulawak secara teratur akan sangat baik untuk organ serta kondisi kesehatan tubuh Anda. Memperbaiki fungsi pencernaan dan juga merawat kulit berjerawat. Jika Anda memiliki radang sendi,  minum temulawak hangat.

Dengan banyaknya zat penting yang dikandung, membuat temulawak memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan tubuh. 

Untuk cara mengkonsumsinya Anda bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu kemudian tumbuk, setelah itu masukkan dengan air dan rebus.  Setelah itu Anda bisa menunggunya sampai air rebusan tinggal setengah.

Temulawak juga bisa diminum langsung dari bentuk sarinya.  Dengan dibuat minuman dari sari temulawak. Minuman temulawak bisa dibuat sendiri dengan memblendernya sehingga menjadi minuman sari temulawak, jika dianggap merepotkan,  Anda bisa membeli yang instan dan  praktis.  

Temulawak juga bisa dicampurkan ke minuman suplemen sebagai minuman yang dapat meningkatkan nafsu makan.    Hal ini karena temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa memberikan efek karminativum yang mengakibatkan meningkatkannya nafsu makan.

Jahe

Aromanya yang khas membuat jahe mudah  dikenali. Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Zingiber officinale ini mengandung minyak atsiri, minyak khas yang menimbulkan aroma harum jahe yang tidak terdapat pada tanaman lain. Selain itu terdapat juga oleoresin. Zat inilah yang membuat jahe memiliki rasa pedas yang khas. Dari rasa yang khas dan unik inilah jahe digunakan sebagai minuman penghangat tubuh, selain digunakan sebagai bumbu masak.

Jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Setidaknya ada 5 manfaat sari jahe yang wajib anda ketahui.

Pertama jahe dapat memperlancar dan memperbaiki pencernaan. Minyak astiri yang terkandung dalam sari jahe dapat merangsang selaput lendir yang terdapat pada usus dan perut besar sehingga dapat memperkuat kerja lambung. Selain itu jahe mengandung enzim lipase dan protease yang dapat mencerna protein dan lemak. Jahe juga baik untuk meningkatkan nafsu makan. Aroma dan rasa dari jahe yang pekat dan khas dapat meningkatkan nafsu makan.

Kedua, jahe dapat mencegah penggumpalan darah. Penyebab utamana terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kolesterol, dan stroke adalah tersumbatnya pembulu darah oleh darah yang menggumpal. Jahe dapat mengobati berbagai macam penyakit berbahaya diatas karena gingerol dalam sari jehe berfungsi sebagai antikoagulan yang dapat mencegah darah menggumpal. Bagi orang yang sedang terserang penyakit koleterol, jantung dan stroke dianjurkan rutin meminum sari jahe. Hal ini dapat menjadi pengobatan murah dan cukup efektif disamping pengobatan medis.

Ketiga adalah jahe dapat mencegah mual baik pada ibu hamil ataupun mual yang disebabkan oleh mabuk saat dalam perjalanan. Hal ini dikarenakan sari jahe dapat mencegah timbulnya serotonin, senyawa kimia yang menyebabkan mual dalam perut. Jika Anda dan keluarga akan bepergian sebaiknya minum jahe.

Keempat,  jahe dapat menyembuhkan masuk angin. Jahe dapat mengeluarkan angin dalam perut karena dapat membuat lambung nyaman dan meredakan kram diperut pada saat masuk angin. Oleh karena itu sari jahe menjadi minuman utama saat masuk angin ataupun kedinginan.

Kelima, jahe dapat menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit kepala, rematik, mingren, dan juga datang bulan bagi para wanita.

Seperti  juga temulawak, jika Anda ingin meracik  sari jahe sendiri, sangatlah mudah. Anda dapat membuatnya dengan memeras sari jahe dari jahe yang sudah ditumbuk/ dihaluskan, kemudian diberi air dan gula sesuai dengan selera. 

Dengan menggabungkan kombinasi  antara temulawak dan jahe, dan  menkonsumsi secara berkelanjutan, diharapkan tubuh akan menjadi lebih prima dalam menjalankan setiap aktivitas. Kolaborasi dari kedua bahan baku ini  menjadi paduan mantap dalam menjaga stamina tubuh.

Presiden Jokowi mengaku, jamu temulawak plus jahe yang diminumnya itu dibuat sendiri. Bahan-bahan dibeli dari pasar sebelum ditumbuk dan diseduh jadi ramuan sehat. Menurutnya, jamu hasil racikannya itu memberikan efek yang sangat signifikan, seperti tidak mudah lelah, sehingga membantunya menjalankan tugas kenegaraan. Kerja.. Kerja.. Kerja... (234)

BERITA TERKAIT