Hilangkan Batu Ginjal Dengan Kelapa Bakar

Kamis, 21 Pebruari 2019, 09:58 WIB

Kelapa bakar, diyakini mampu menghilangkan batu ginjal. | Sumber Foto:AGRONET

AGRONET -- Buah kelapa muda biasanya dinikmati tanpa campuran es, ataupun gula. Namun pernahkah Anda cicipi kelapa bakar?

Sebuah kedai sederhana di jalan raya Narogong, Bekasi, menyajikan minuman kelapa bakar. Kedai sederhana itu milik Ujang mulai berdagang kelapa bakar sejak 2010 silam.  Dalam suatu kesempatan, AGRONET  menyempatkan diri mampir dan mencoba mencicipi kelapa bakar khas dari kedai itu. Dalam penyajiannya, kelapa bakar ditambahi bumbu rempah-rempah dan plus telur bebek.

Bagaimana rasanya? Sedikit berbeda dengan kelapa muda biasa. Memang ada bau amis terasa saat hendak meminum kelapa bakar. Namun itu tak menjadi halangan. Yang pasti airnya terasa lebih hangat sehingga membuat kerongkongan dan tubuh merasa hangat. Apalagi dengan penambahan air rebusan rempah-rempah seperti jahe dan sereh/serai, semakin menambah kehangatan rasa minuman ini.

Setelah meminumnya dijamin tubuh Anda akan mengeluarkan keringat sehingga sangat cocok diminum ketika sore atau malam hari. Kemudian kelapa bakar juga memiliki rasa daging buah yang lebih gurih karena telah melalui proses pembakaran sebelumnya.

BERITA TERKAIT

Air kelapa yang masih hangat bercampur rempah sangat terasa jika dibanding air kelapa muda biasa. Kelapa bakar ditambahi bumbu rempah mulai dari akar alang-alang, jahe, kencur, empu kunir, adas kulo waras (ramuan jamu Jawa), telur bebek, madu, susu dan jeruk nipis. Ke dalam kelapa bakar terkadang juga ditambahkan air rebusan rempah-rempah lain seperti jahe, cengkeh, kayu manis, kedaung, kapulaga, sereh, dan daun pandan untuk menambah manfaatnya.

Menurut Ujang, sang penjual, ada khasiat tersendiri dengan minum kelapa bakar. Selain diyakini menyembuhkan asam urat, kolesterol, batu ginjal, liver, manfaat kelapa bakar juga diyakini menyembuhkan penyakit gula. 

Setiap hari, kedai miliknya tak kurang dikunjungi 50 orang yang datang untuk merasakan legitnya air kelapa bakarnya. Kalau kelapa muda biasa hanya berharga Rp 11.000,- satu buah kelapa bakar hasil racikannya dihargai berbeda yaitu Rp 25.000. Pengunjung pun dapat memilih ramuan rempah sesuai dengan keinginan.
 
Apa sebenarnya manfaat kelapa bakar, apakah sama bermanfaatnya dengan kelapa muda yang belum melalui proses pembakaran? Karena seperti yang kita ketahui kandungan nutrisi dalam bahan makanan yang melalui proses pembakaran dengan suhu yang tinggi selama beberapa waktu akan mengalami perubahan atau bahkan mengalami kerusakan.

Berdasar pengalaman Pak Santo, salah satu pembeli dan penggemar kelapa bakar, kebiasaannya minum kelapa bakar secara rutin diikhtiarkan untuk pengobatan batu ginjalnya. Hasil pemeriksaan medis, terbukti nyata, dia tak lagi bermasalah dengan batu ginjal yang pada awalnya dokter mewajibkannya untuk menempuh tindakan medis. Dia percaya  bahwa yang dalam kondisi sehat pun, minum air kelapa bakar pasti juga mendatangkan berbagai manfaat lain bagi kesehatan tubuhnya, seperti mengatasi kondisi tubuh yang lesu dan lemas sehingga bersemangat kembali dan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Air kelapa bakar yang hangat terasa meresap ke dalam tubuh akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang diyakini dapat diatasi dengan meminum air kelapa bakar. Penyakit ini terjadi karena adanya pembentukan material keras seperti batu pada ginjal yang menyebabkan seseorang merasakan gejala nyeri pinggang, kencing berdarah, atau gejala lainnya. Menurut pengalaman Pak Santo, dengan minum air kelapa bakar terbukti meluruhkan batu ginjal sehingga keluar dengan sendirinya dari dalam tubuh.

Kunci dari mencegah batu ginjal sebetulnya dengan kecukupan air minum. Hingga saat ini, air putih merupakan yang terbaik. Akan tetapi, ada studi yang menyatakan bahwa air kelapa lebih bermanfaat.

Batu ginjal terbentuk saat komposisi cairan tubuh, mineral, dan derajat keasaman urine tidak seimbang. Utamanya, saat komponen pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat dan asam urat dalam urine meningkat. Jika kondisi memungkinkan, komponen-komponen pembentuk kristal ini dapat saling menempel, yang kemudian tampak sebagai batu ginjal.

Dalam sebuah studi pada tikus yang mengalami batu ginjal, ditemukan bahwa air kelapa membuat kristal-kristal ini tidak menempel pada ginjal maupun saluran kemih lainya. Jumlah kristal yang terbentuk di dalam urine pun berkurang. Meski demikian, ini merupakan studi pertama yang menyelisik efek air kelapa pada batu ginjal. Jadi, masih diperlukan studi lain untuk mengonfirmasi efek sesungguhnya.

Jadi, meskipun manfaat secara khusus kelapa bakar untuk penyakit ginjal belum dibuktikan secara ilmiah, karena memang belum dilakukan penelitian mendalam terhadap kelapa bakar, namun pengalaman orang-orang yang telah merasakan khasiatnya tidak dapat dipungkiri.

Bisa jadi juga penambahan air rebusan rempah-rempah turut mempengaruhi berbagai manfaat dari kelapa bakar tersebut. Karena seperti yang kita ketahui rempah-rempah seperti jahe merah, sereh, kayu manis, dan lain sebagainya kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan. Sehingga tidak ada salahnya mengonsumsi minuman yang satu ini. Rasanya enak, menghangatkan tubuh, plus berbagai manfaat lainnya seperti yang telah dijabarkan di atas.

Jika sulit menemukan penjual kelapa bakar anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Beli saja kelapa muda di penjual terdekat dan kemudian bakar di atas kompor yang ada di rumah. Kemudian buka dan tambahkan bahan yang disukai seperti susu, madu, dan atau rempah-rempah. Kelapa bakar pun siap disantap. (234)

BERITA TERKAIT