Sehat Dengan Alpukat

Kamis, 14 Maret 2019, 14:56 WIB

Mengingat manfaat alpukat yang sangat penting bagi tubuh, upayakan untuk mengonsumsinya dengan kondisi buah dalam keadaan baik, dosis tidak berlebihan dan lakukan secara teratur sehingga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Dalam  sebuah obrolan bersama Titi DJ, yang menjadi bintang tamu  di salah satu acara infotainment, penyanyi senior dan salah satu anggota dari tiga diva ini membuka rahasia kecantikan dan kulit sehatnya. Yang ternyata diperolehnya karena mendapatkan manfaat dari mengonsumsi  buah alpukat secara rutin.

Titi mengaku  sudah dua tahun ini mengonsumsi alpukat, terinspirasi  dan mendapatkan rekomendasi dari teman instagramnya . Cara yang  menurut Titi mudah sekaligus alami dalam menjaga kulit sehat.  Buah alpukat dikonsumsinya secara rutin, tanpa campuran apa pun seperti gula atau susu.  Sepengetahuannya, khasiat alpukat akan hilang dan malah  menjadi kurang sehat jika dicampur gula.  Manfaat  mengonsumsi alpukat sangat dirasakannya. “Tubuh lebih segar dan kulit pun jadi lebih kenyal,” ujarnya.

Alpukat, sudah diakui oleh banyak pihak sebagai salah satu buah yang patut dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Lebih dari 20 kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah alpukat.

Kandungan alpukat atau avokad yang sejauh ini telah diketahui adalah copper, zat besi, phosporus, kalium, magnesium, lutein, karbohidrat , protein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K juga terdapat dalamnya. Alpukat mengandung serat bermanfaat, protein seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang berkhasiat membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Selain itu alpukat merupakan salah satu buah yang berkalori tinggi. Hal ini disebabkan besarnya kandungan lemak, yaitu sekitar 20 kali rata-rata buah lain. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi, asalkan tidak secara tidak berlebihan, karena lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh tunggal .

Berikut sederet manfaat mengonsumsi alpukat bagi tubuh kita:

  1. Alpukat menjaga kesehatan jantung

 Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu, buah alpukat juga mengandung vitamin E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Alpukat menurunkan kolesterol

Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut penelitian, konsumsi alpukat disertai pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Yang harus digarisbawahi adalah jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. 

  1. Alpukat mengendalikan tekanan darah

 Alpukat juga merupakan sumber kalium, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah. 

  1. Alpukat sebagai anti-inflammatory (sifat inflamasi)

Senyawa Phytonutrient yang ditemukan dalam alpukat, seperti polyphenols dan flavonoids telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degenerative. 

  1. Alpukat meningkatkan kesehatan mata. 

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat diprediksi baik untuk menjaga kesehatan mata . Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan mata, seperti katarak. 

  1. Alpukat mengatur kadar gula darah. 

Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin, yang membantu mengatur kadar gula darah. Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut, yang menjaga kadar gula darah stabil. 

  1. Alpukat mencegah cacat lahir. 

Karena kaya akan folat, buah ini dianggap baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.  Folat sangat berperan dalam melindungi ibu hamil, khususnya membantu perbaikan sel tubuh selama kehamilan. Vitamin B dikenal sebagai folic acid. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti kerusakan saraf dan spina bifida

  1. Alpukat mengurangi resiko stroke. 

Tingginya tingkat folat dalam alpukat melindungi terhadap stroke. 

  1. Alpukat melindungi terhadap kanker. 

Para ahli menemukan fakta bahwa ekstrak alpukat yang tinggi antioksidan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker prostat dan kanker mulut. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara. 

  1. Alpukat melawan radikal bebas. 

Alpukat mengandung Glutathione, sebuah antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

  1. Alpukat sebagai anti-sifat penuaan. 

Karena kaya akan antioksidan, alpukat sangat bermanfaat dalam mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat. 

  1. Alpukat menghilangkan bau mulut. 

Alpukat merupakan salah satu pencuci mulut alami terbaik dan obat bau mulut. Alpukat membersihkan usus yang merupakan penyebab sebenarnya dari bau mulut dan ini kondisi yang tidak menyenangkan. 

  1. Alpukat meningkatkan penyerapan nutrisi. 

Asupan alpukat dikaitkan dengan meningkatnya penyerapan gizi. 

  1. Alpukat bermanfaat untuk perawatan kulit. 

Serat alpukat ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memelihara kulit dan membuat kulit bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati psoriasis, suatu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi. 

  1. Menambah berat badan. 

Alpukat memiliki 200 kalori setiap 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah tinggi kalori, alpukat adalah diet terbaik bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan. Alpukat merupakan sumber kalori yang sehat, tidak seperti banyak makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung lemak jenuh dan gula berlebih.

Mengingat manfaat alpukat yang sangat penting bagi tubuh, upayakan untuk mengonsumsinya dengan kondisi buah dalam keadaan baik, dosis tidak berlebihan dan lakukan secara teratur sehingga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Dan untuk manfaat terbaik, sebaiknya jangan konsumsi alpukat dengan tambahan gula, susu atau kopi. (234)

BERITA TERKAIT