Manfaat Sehat Kulit Semangka

Sabtu, 30 Maret 2019, 08:11 WIB

Kulit semangka | Sumber Foto: Youtube

AGRONET -- Biasanya kulit semangka dianggap tak berguna dan dibuang percuma begitu saja. Ternyata, kulit semangka mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Kulit semangka yang berwarna putih dan kehijau-hijauan ini mengandung sejumlah nutrisi penting.

Dalam ukuran 2.5  cmx 2.5 cm kulit semangka mengandung 1.8 kalori yang berguna untuk tubuh. Selain itu mengandung 2 persen vitamin C dan 1 persen vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh.

Kulit semangka sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Menambah kekebalan tubuh, dan untuk kesehatan sistem saraf. 

Menyehatkan Prostat

Buah semangka merupakan sumber likopen yang kandungannya lebih tinggi dari tomat atau sayuran lainnya. Likopen merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, jantung, dan menangkal kanker prostat.

Dokter di The University of Illinois di Chicago telah meneliti efek pemberian likopen pada pasien yang ingin menjalani prostatektomi selama tiga minggu sebelum operasi. Hasilnya ada penurunan kerusakan jaringan prostat yang cukup signifikan. Namun, untuk membuktikan hubungan antara likopen pada semangka dengan pencegahan kanker prostat perlu penelitian lebih lanjut dan rinci.

Untuk Kekebalan Tubuh dan Disfungsi Ereksi

Menurut the Journal of the Science of Food and Agriculture, pada kulit semangka mengandung citrulline yang berfungsi sebagai anti oksidan kuat. Manfaatnya dapat menjaga tubuh dari radikal bebas. Citrulline juga bisa diubah oleh tubuh menjadi arginin yaitu asam amino yang mempunyai peranan penting dalam peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan ini mampu menjadi agen dalam menjaga kesehatan jantung dan impotensi. Citrulline membantu pembuluh darah rileks dan bahkan dapat membantu penyembuhan disfungsi ereksi dan dapat meningkatkan libido.

Mencegah Penyakit Jantung dan Penuaan Dini

Kandungan kalium dalam kulit semangka yang cukup tinggi baik untuk memperlancar peredaran darah yang dapat menjaga kerja jantung sehingga terhindar dari penyakit kardiovascular (jantung). Kemudian kadar likopen pada kulit semangka dipercaya mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merangsang percepatan penuaan pada kulit.

Untuk pengolahannya kulit semangka bisa djadikan acar. Tambahkan garam, gula, dan cuka diamkan semalaman. Rasa hambarnya akan hilang tergantikan dengan kesegaran acar.

Daging putih semangka ini juga bisa ditambahkan ke dalam jus buah untuk minuman sehat di pagi hari.

Semangka merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Semangka atau ada yang menyebut tembikai masih segolongan dengan labu-labuan, melon, dan ketimun. (591)

BERITA TERKAIT