Labu Siam, Hidangan Khas Lebaran Penyelamat Kesehatan

Senin, 27 Mei 2019, 09:49 WIB

Labu Siam mendadak populer dan ngetop di hari lebaran. Ternyata penyelamat kesehatan kita. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Labu siam (Sechium edule) adalah salah satu jenis sayuran yang sering dihidangkan saat lebaran. Sayur ini rasanya enak dan bisa diolah sebagai sayur lodeh atau lontong sayur. Rasanya yang enak dan  gurih, dan karena sering menjasi satu-satunya pilihan sayur di antara mewahnya masakan lebaran, membuat kita sulit untuk menolak.

Tanpa kita sadari, diantara semua sajian masakan lebaran, justru labu siam dengan segudang manfaatnya menjadi kunci penyelemat kesehatan di hari kemenangan. Apa saja manfaat labu siam bagi kesehatan? 

Kandungan nutrisi

Berbeda dengan hari-hari biasa, labu siam mendadak populer dan ngetop di hari lebaran. Meski begitu, sayuran ini sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. Karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori. Tidak heran, jika sayuran ini sering direkomendasikan bagi  yang ingin menurunkan kolesterol dan mengurangi berat badan.

Bukan hanya itu, labu siam kaya akan serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C.  Labu siam juga kaya akan kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sayuran ini juga mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi  radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (SOR) di tubuh yang keduanya berperan dalam penuaan dan perkembangan kanker.

Manfaat bagi kesehatan

Beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan, terutama pada saat lebaran dan setelah sebulan berpuasa:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah labu siam hanya mengandung 38,6 kalori dan 0,1 gram lemak. Kandungan air dan serat dalam labu siam yang tinggi membantu Anda tetap kenyang lebih lama tanpa banyak kalori. Anda bisa makan labu siam, misalnya labu siam yang dikukus, untuk menjaga rasa lapar dan tetap menjaga batasan asupan kalori harian Anda.

2. Menjaga kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, labu siam mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Nah, hal ini menjadikan labu siam sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda berada dalam batas normal.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Mafaat labu siam lainnya adalah sayuran ini dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretik yang ringan.

4. Mengatasi anemia

Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan menderita anemia. Nah, ternyata labu siam adalah sumber senyawa tersebut. Kandungan vitamin zat besi dalam labu siam dapat membantu hemogloblin mengikat oksigen.

5. Menangkal radikal bebas

Labu siam adalah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Nah, antioksidan sendiri adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

6. Anti kanker

Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. radikal bebas ini jika tidak diperhatikan maka bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Itu sebabnya jika Anda mengonsumsi labu secara rutin bisa membantu mencegah tumbuh kembang sel kanker dalam tubuh.

 Walaupun labu siam diketahui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Labu siam  yang disajikan saat lebaran sering kali dimasak dengan kuah santan. Santan yang berlebihan dapat menyebabkan manfaat sesungguhnya dari labu siam akan berkurang.

Jadi saat Lebaran nanti, penting bagi mengonsumsinya, tapi ada baiknya pisahkan labu siam dari kuah santannya supaya kandungan kolesterol yang tinggi dari santan tidak akan ikut masuk ke dalam tubuh. (Dari berbagai sumber/234)