Belimbing Wuluh Ampuh Atasi Batuk

Selasa, 13 Agustus 2019, 07:44 WIB

Mereka yang tergerak menanam belimbing wuluh biasanya mereka yang telah mengetahui begitu banyaknya manfaat. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET --  Belimbing wuluh  banyak tumbuh di halaman rumah, tak jarang tumbuh secara liar dan terabaikan begitu saja. Hanya  sekedar menjadi tanaman pengisi halaman, supaya terlihat hijau dan  tanaman peneduh saja.

Meski namanya sama-sama belimbing, tapi bentuk buahnya sangat berbeda dengan buah belimbing yang biasa kita temui dan konsumsi. Rasa buahnya pun sangat berbeda.

Sebagian orang menyebut belimbing wuluh sebagai belimbing asam karena rasanya yang asam alias kecut. Belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai bumbu tambahan untuk membuat sambal dan sayuran misalnya garang asem. Oleh karena itu belimbing wuluh juga dinamakan belimbing sayur. 

Baik belimbing wuluh maupun belimbing buah bisa dengan mudah kita tanam atau tumbuh sendiri di halaman pekarangan rumah. Keduanya merupakan tanaman berbiji belah (dicotyledone) yang bisa dikembangbiakkan secara vegetatif (cangkok) atau generatif (biji).

BERITA TERKAIT

Selama ini, belimbing lebih sering mendapatkan perhatian serius. Para ahli pertanian kita terlihat lebih peduli melakukan penelitian dan pengembangan pada tanaman belimbing buah. Sedangkan belimbing wuluh kurang diperhatikan. Orang  juga lebih cenderung tertarik menanam belimbing buah ketimbang belimbing wuluh.

Mereka yang tergerak menanam belimbing wuluh biasanya mereka  yang telah mengetahui begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah yang bentuknya sangat bersahaja itu.

Sebenarnya belimbing wuluh juga memiliki potensi yang luar biasa. Tanaman yang buahnya bisa diolah menjadi sirup itu mempunyai banyak  manfaat, terutama bagi kesehatan manusia. Salah satu manfaat belimbing wuluh yang telah terbukti adalah untuk obat batuk.

Untuk memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat batuk, ambil kecap manis secukupnya, siapkan beberapa buah belimbing wuluh yang sudah matang /tua dan madu.  Gerus buah belimbing wuluh, kemudian masukkan ke dalam gelas kecil yang sudah berisi kecap manis dan madu. Lebih bagus lagi jika menggunakan madu murni.

Aduk dan minum sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok makan. Dalam sehari, minum obat tradisional warisan nenek moyang itu beberapa kali.

Berbeda dengan obat batuk yang dijual bebas yang biasanya mempunyai kontra indikasi dan dampak pemakaian, obat tradisional yang dibuat dari campuran buah belimbing wuluh, kecap manis dan madu murni ini tidak menimbulkan efek samping.

Setelah meminum ramuan belimbing wuluh, mudah-mudahan segera  sembuh, terbebas dari batuk yang mengganggu.(234)

BERITA TERKAIT