Ketombe? Atasi dengan Lidah Buaya

Minggu, 01 September 2019, 09:52 WIB

Lidah buaya merupakan bahan alami yang banyak dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan serta kelembutan rambut, menghilangkan ketombe, mengatasi rambut rontok. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Salah satu masalah rambut yang mengganggu dan memalukan adalah ketombe. Ketombe terjadi karena adanya jamur melassezia yang terdapat di kulit kepala. Jamur ini memproduksi asam oleat yang dapat menyebabkan peradangan pada sel-sel kulit kepala. Akibatnya sel kulit kepala menjadi tidak sehat dan menyebabkan kering hingga mengelupas. Serpihan ini lah yang dikenal dengan ketombe.

Hampir semua orang terpaksa berhadapan dengan masalah ketombe.  Munculnya titik-titik putih alias ketombe tampak di bagian bahu, terlebih saat menggunakan baju hitam, membuat kepercayaan diri tiba-tiba  hilang.  Penampilan menjadi tidak ada artinya, semua rencana menjadi berantakan.

Jika mengalami masalah tersebut, sudah saatnya Anda  mencari tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe. Merawat rambut agar senantiasa sehat dan indah  tidak selalu harus berbiaya mahal dengan pergi ke salon kecantikan atau membeli berbagai merek dagang shampoo dan produk kosmetik lainnya. Kita bisa lakukan sendiri  dan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah.

Bahan alami yang banyak dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan serta kelembutan rambut, menghilangkan ketombe, mengatasi rambut rontok adalah lidah buaya. Bukan hanya menjaga keindahan dan kesehatan rambut, lidah buaya  juga memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kecantikan.  Namun yang paling populer, Aloe Vera atau lidah buaya terbukti mampu menyegarkan kulit kepala sekaligus menghilangkan ketombe.  Bagian dari  tanaman lidah buaya yang dipakai adalah gelnya yang mengandung beragam nutrisi yang baik. 

Sediakan lidah buaya berukuran sedang untuk rambut yang pendek dan lebih besar untuk rambut yang panjang dan lebat. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gel pada bagian dalamnya. Oleskan gel tersebut pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan, tunggu sekitar 45 menit agar lebih meresap ke kulit kepala. Bilas dengan air dingin hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

Selain mengaplikasikan langsung gelnya, cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain, agar lebih mujarab. Misalnya saja minyak pohon teh, atau bahan lain yang lebih mudah didapatkan yaitu garam.

Khasiat yang diperoleh dari minyak pohon teh adalah sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat jika dilakukan secara teratur. Minyak pohon teh bisa diperoleh di beberapa toko kosmetik kecantikan atau toko obat. Campurkan minyak pohon teh sebanyak 1 sdm dengan gel lidah buaya secukupnya. Oleskan perlahan pada kulit kepala serta rambutmu kemudian sambil dipijat. Tunggu hingga sekitar 1 jam kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih untuk mendapatkan rambut yang sehat bebas ketombe.

Ada cara  lain menghilangkan ketombe yaitu dengan mencampurkan  gel lidah buaya dengan air garam sebanyak satu cangkir. Garam dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat, termasuk di antaranya adalah mencegah ketombe pada rambut. Campuran lidah biaya dan garam dapat digunakan sebelum keramas untuk menghilangkan ketombe dan mencegahnya kembali lagi.(234)