Daun Sirsak, Alternatif Mengobati Kanker

Senin, 16 September 2019, 09:37 WIB

Daun sirsak terbukti secara ilmiah mempunyai kandungan yang bermanfaat mengobati kanker. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Banyak orang yang lebih memilih pengobatan alternatif untuk mengatasi penyakit yang dideritanya . Selain harganya lebih terjangkau, obat herbal lebih difavoritkan ketimbang obat-obatan kimia karena menggunakan bahan-bahan alami sehingga  minim risiko komplikasi dan efek samping.

Salah satu bahan alami yang  banyak mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan adalah  sirsak.  Rasa buah sirsak manis dan asam, sedangkan dagingnya kaya akan serat. Setiap 100 gr daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Selain mengandung banyak serat, juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2)

Namun demikian, daun sirsak merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Daun sirsak menjadi populer ketika sebuah penelitian melaporkan bahwa di dalam daun sirsak terdapat senyawa yang mampu untuk mengobati kanker. 

Salah satu kandungan dalam daun sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. 

Hal itu yang membuat daun sirsak berkhasiat  menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi.   Acetogenin  bukan hanya menghambat pertumbuhan sel kanker, tapi  juga sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Cara Direbus

  • Jika anda ingin mengolahnya dengan cara direbus maka siapkan 10-15 lembar daun sirsak lalu kemudian cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Selanjutnya silahkan anda panaskan air sebanyak 600 cc (3 gelas) di atas api kecil, lalu masukkan daun sirsak, kemudian tunggu hingga menguap dan tersisa air rebusan sebanyak 1 gelas.
  • Ada baiknya anda melakukan perebusan menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga.
  • Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum air rebusan daun sirsak selagi hangat secara rutin  setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan. 

Cara Dikeringkan

  • Selain direbus secara langsung, daun sirsak juga bisa dikeringkan dibawah terik sinar matahari dengan ditutupi kain hitam agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung sehingga kandungan senyawa didalamnya tidak rusak.
  • Jika sudah kering rebus 10-15 daun sirsak ke dalam 400 cc air (2 gelas) di atas api kecil tunggu hingga menguap dan air tersisa 1 gelas.
  • Seperti biasa minum rebusan air daun sirsak selagi hangat secara rutin.

Meski terbukti bermanfaat, mengonsumsi daun sirsak  jangan dalam jumlah berlebihan, karena daun sirkan juga memiliki risiko efek samping. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pada hati dan ginjal. Tidak hanya itu, beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan dapat merusak saraf. Biasanya efek samping ini muncul jika suplemen tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Daun sirsak tidak dianjurkan untuk  ibu hamil dan menyusui, mereka yang tengah menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, memiliki tekanan darah atau kadar  trombosit  yang rendah, hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging). dan penderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.(234)