Cabai Segar Hingga 3 Bulan

Sabtu, 20 Januari 2018, 18:32 WIB

Kenaikan harga cabe merah diduga minimnya hasil produktivitas pertanian cabe di wilayah Lumajang, Jawa Timur. | Sumber Foto:KBRN

AGRONET – Harga cabai kembali melambung.  Pusing dengan naik turunnya harga cabai yang begitu cepat?  Khawatir dengan kondisi cabai yang cepat rusak? Yuk simak 6 langkah berikut agar cabai tetap segar sampai 3 bulan.

Pertama, siapkan wadah seperti toples yang ada tutupnya, alasi dengan tisu.

Kedua, siangi cabai tanpa perlu dicuci terlebih dahulu.  Petik tangkai yang ada pada cabai, tujuannya agar tidak berjamur. 

Ketiga, buang cabai yang busuk atau cabai yang sudah agak lembek.  Jika terdapat cabai yang busuk hanya pada ujung cabai, buang bagian yang rusak saja.

Keempat, pastikan tidak ada cabai busuk ataupun lembek yang ikut masuk ke dalam wadah.

Kelima, taruh 1 sampai 2 sium bawang putih yang telah dikupas diatas cabai.  Bawang putih berperan sebagai anti bakteri, sehingga cabai tidak mudah busuk dan rasa pedas tetap terjaga.

Terakhir, tutup rapat wadah.  Simpan di kulkas pada rak bawah saja, tidak perlu di freezer.

Mudah bukan menjaga kesegaran cabai.  Tapi ingat ya, sebelum digunakan cuci cabai terlebih dahulu, karena sebelum ditaruh dalam toples cabai belum dicuci.  Dalam satu toples dapat dicampur dengan berbagai jenis cabai.  Selamat mencoba dan semoga berhasil. (Sri Hartati/Indri Novitasari)