Rumah Nyaman Burung Walet

Senin, 05 Pebruari 2018, 11:23 WIB

Burung Walet

AGRONET- Walet termasuk jenis burung yang memiliki keistimewaan di antara ribuan jenis burung lain di muka bumi. Keistimewaan burung walet terletak pada sarang yang dibuat dari liurnya. Sarang burung walet banyak dicari orang karena mempunyai beberapa manfaat.

Burung ini memiliki sayap yang meruncing, berekor panjang, berwarna hitam dan cokelat. Selain itu, ia tidak dapat bertengger karena memiliki kaki yang sangat pendek tetapi bisa menempel pada dinding tembok atau atap. Burung walet hidup di pantai serta daerah permukiman, dan menghuni gua atau ruang besar.

Sejak beberapa abad lalu, sarang burung walet telah diperjualbelikan dengan bebas di Cina. Mulai dari kalangan masyarakat biasa, hingga keluarga kerajaan menjadikan sarang burung walet sebagai obat maupun sebagai hidangan spesial.

Adanya keistimewaan manfaat pada sarang burung walet, dan juga harganya yang mahal, telah membuat banyak orang tertarik untuk beternak budi daya sarang burung walet. Mereka membuat rumah gedung khusus sebagai kandang burung walet, mulai satu lantai hingga empat lantai dengan berbagai ukuran.

Untuk membuat rumah burung walet, tidak bisa asal-asalan. Agar ternak budi daya sarang burung walet berhasil, kandang tersebut harus disukai burung walet. Dengan begitu kandang tersebut akan dapat memancing kawananan burung walet untuk masuk ke dalam kandang dan membuat sarangnya.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjaga agar kandang dapat disukai burung walet.

  • Suhu dari bangunan haruslah sekitar 24 ~ 25 derajat Celsius. 
  • Kelembaban udara sekitar 80 – 95 %.
  • Buatlah kolam di dalam kandang tersebut agar walet bisa minum dengan mudah. 
  • Harus dilengkapi ventilasi udara berdiameter 4 cm setiap jarak 5 meter.
  • Suasana kandang harus gelap seperti dalam gua agar walet mau bersarang.
  • Lapisi langit-langit dengan kayu yang bertujuan sebagai tempat walet membuat sarangnya.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjaga agar kandang itu disukai burung walet, sehingga dapat membantu keberhasilan budi daya sarang burung tersebut. (888)

BERITA TERKAIT

Agronesia Utama
Komunitas