Lima Langkah Menanam Mangga dalam Pot

Senin, 05 Maret 2018, 21:52 WIB

Tanaman mangga dalam pot.

AGRONET-Tanaman mangga lazimnya memang membutuhkan lahan yang luas. Namun, bila lahan Anda terbatas, tak perlu khawatir. Ada cara lain untuk menanam mangga dalam lahan yang sempit.Salah satu cara itu adalah menggunakan media pot.

Tanaman mangga dalam pot juga bisa berbuah lumayan banyak. Meski tentu saja, buahnya tak akan sebanyak bila pohon mangga ditanam di lahan biasa.

Menanam mangga di media pot tidaklah terlalu sulit. Sebelum mulai menanam, tiga hal ini perlu diperhatikan: pilih dulu jenis dan bibit mangga yang baik, berikutnya adalah penyiapan media tanam, kemudian pemberian pupuk yang efektif. Selanjutnya, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pilih dan beli bibit mangga yang gampang berbuah, misalnya: harum manis, manalagi, golek, dan gedong. Sebaiknya gunakan bibit mangga hasil cangkokan atau okulasi agar bisa lebih cepat panen dan rasa buahnya pun lebih mendekati aslinya. Mangga hasil cangkokan jenis-jenis itu tadi, dengan perawatan yang baik, biasanya akan panen dalam 3-4 tahun.
  2. Media yang disukai tanaman mangga adalah yang struktur lahannya berbutir-butir, gembur, dan kaya unsur hara. Bisa saja lahan itu berupa campuran arang sekam, tanah subur, serta kompos atau pupuk kandang. Komposisi antara ketiganya adalah 1:2:1. Lalu pilihlah pot yang tidak mudah pecah dan ringan. Jangan sampai air menggenangi akar dalam pot. Untuk itu, pilihlah pot yang memiliki beberapa lobang drainase di bagian bawah pot dengan diameter 1 cm.
  3. Letakkan beberapa pecahan batu bata dan bubuk kayu gergaji di dasar pot. Ini berfungsi untuk lebih bisa menyerap air sehingga tak menggenang di dalam pot. Masukkan media tanam dengan ketinggain separo pot lalu lepas bibit mangga dari polibag dan masukkan ke dalam pot. Kemudian timbun dengan media tanam setinggi ¾ pot. Titik bekas cangkokan sebaiknya berada 10 cm di atas media tanam.
  4. Perlu dilakukan penyiraman secara teratur. Saat awal masa penanaman sebaiknya disiram air secukupnya setiap pagi dan sore. Periksa agar air tak menggenang terlalu lama sehingga bisa membuat akar membusuk.
  5. Meski media tanam sudah subur, pemupukan tetap diperlukan untuk kelangsungan hidup tanaman. Taburkan pupuk di sekeliling batang lalu siram dengan air. Lakukan ini minimal dua minggu sekali.

Jika lima langkah itu Anda lakukan, insya-Allah mangga Anda akan berbuah paling lama 4 tahun. Bahkan ada pula yang bisa berbuah dalam umur dua tahun. Saat panen pertama, biasanya cuma menghasilkan sekitar 15 buah. Akan tetapi, setiap tahun hasil panennya akan terus bertambah. Biasanya musim panen mangga jenis apa pun akan terjadi pada kisaran bulan September dan Oktober.

Hama yang biasa mengganggu tanaman mangga adalah kutu, ulat, binatang penggerek, lalat, dan bisul. Lakukan penyemprotan insektisida sesuai aturan untuk membasmi hama di tanaman mangga. Selamat mencoba!! (berbagai sumber/442)

BERITA TERKAIT