Aneka Khasiat Anggur Hijau

Selasa, 27 Maret 2018, 19:21 WIB

Anggur hijau | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET-Kandungan gizi dan vitamin anggur hijau cukup banyak. Selain terdapat vitamin A, B6, C, dan K, anggur hijau yang rendah kalori itu mengandung karbohidrat, serta lemak jenuh. Selain itu, dalam anggur hijau juga ada unsur kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, serta antioksidan.

Buah anggur hijau juga diyakini bisa membantu gangguan pernapasan, dengan cara minum jusnya. Bila minum rutin jus anggur hijau akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit batu ginjal, wasir, gangguan empedu, dan gangguan pencernaan.

Air anggur bisa pula mengatasi batuk, menurunkan panas badan, juga membuat perut terasa nyaman. Saat proses penyembuhan penyakit wasir, batu ginjal, gangguan pencernaan, serta gangguan empedu, si penderita juga dianjurkan mengonsumsi anggur hijau karena hal itu akan membantu mempercepat penyembuhan.

Bagi penderita gangguan tidur atau insomnia, asupan minum anggur hijau sehari dua kali bisa membantu untuk mengurangi kadar gangguan tersebut. Meski banyak khasiatnya, akan tetapi para ahli gizi mengingatkan agar jangan menyimpan jus anggur terlalu lama. Bila tak segera diminum, jus anggur bisa berubah menjadi arak yang mengandung alkohol.  

Konsumsi teratur anggur hijau bisa mebentengi badan dari gangguan bakteri atau virus tertentu. Pada dasarnya, anggur hijau itu bersifat antioksidan sehingga bisa memberi perlindungan bagi tubuh.

Kandungan gula, asam organik, dan selulosa dalam anggur hijau juga tinggi sehingga buah ini bisa berfungsi sebagai pencahar. Bila sembelit mengganggu Anda, tak ada salahnya minum jus anggur untuk mengatasinya.

Jika Anda rutin mengonsumsi anggur hijau, maka akan mengurangi atau mencegah terjadinya beberapa gangguan penyakit seperti asma, alzheimer, kanker payudara, sembelit, jantung (gangguan pembuluh darah), dan migrain.

Kadar air dalam paru-paru yang rendah pada penderita asma bisa dinormalkan dengan minum jus anggur hijau. Sifat asimilatori dalam buah anggur hijau akan sangat membantu pernapasan bagi penderita asma.

Di samping itu, anggur hijau mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang bisa mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita alzheimer. Ini akan meningkatkan kesehatan otak sehingga mencegah atau mengurangi kemungkinan terkena alzheimer.

Antioksidan pada anggur hijau bisa menghentikan oksidasi kolesterol jahat (LDL). Tingkat oksida nitrat dalam darah akan kian meningkat denngan rutin minum anggur hijau. Hal ini bisa mengurangi terhambatnya pembuluh darah dan menngurangi risiko terkena gangguan jantung. (berbagai sumber/442)

BERITA TERKAIT