Memilih Beras dan Memasak Ketupat

Selasa, 12 Juni 2018, 16:32 WIB

Ketupat | Sumber Foto:wiedharry/instagram

AGRONET--Apa menu utama lebaran? Hampir bisa dipastikan, semua orang akan menjawabnya ketupat. Makanan yang terbuat dari beras dengan dibungkus anyaman janur muda ini memang ikon lebaran. Kurang afdhol rasanya bila lebaran tak menyantap ketupat.

Namun, tidak sedikit orang yang merasa kesulitan memasak ketupat. Bila tidak berpengalaman kemungkinan ketupat Anda keras atau lembek. Oleh karena itu, mungkin tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan ketupat yang padat, lembut, kenyal, dan tidak mudah basi.

1. Memilih Beras

Beras yang digunakan untuk isian ketupat sebenarnya bisa beras pulen maupun beras pera. Namun, agar dapat tekstur yang lembut, usahakan beras yang sedang, tidak terlalu pulen dan tidak pera. Beras tersebut kemudian dicuci bersih. Proses mencuci ini perlu diperhatikan. Karena apabila Anda tidak bersih mencucinya, kemungkinan ketupat Anda akan mudah basi. Kemudian, rendam beras yang sudah Anda cuci bersih itu sekitar tiga jam lamanya. Agar mendapatkan tekstur kenyal, Anda bisa menambahkan kapur sirih dalam rendaman beras Anda. Kemudian tiriskan. Beras isian ini pun siap dimasukkan ke dalam anyaman janur muda.

2. Takaran yang Pas

Agar mendapatkan ketupat yang padat, namun tidak lembek dan keras. Masukkan beras yang sudah dicuci dan direndam tersebut ¾ bagian dari ukuran ketupt yang terbuat dari anyaman janur muda tersebut.

3. Memasak Ketupat

Saat memasaknya atau merebusnya dengan panci, pastikan ketupat terendam sempurna di dalam air mendidih. Rebus ketupat Selma kurang lebih 4-5 jam. Namun apabila Anda menggunakan panci presto, Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam.

4. Simpan dengan cara digantung

Setelah matang, cara terbaik meletakkan atau menyimpan ketupat adalah dengan cara digantung. Dengan digantung sisa-sisa air yang tersisa di dalam ketupat akan keluar dan terbuang. Cara ini juga  membuat ketupat lebih awet dan tidak mudah basi, serta tetap membuat kulit pembungkus ketupat tetap kering. (Berbagai sumber/222)