Daftar Makanan Sehat untuk Begadang Menonton Piala Dunia 2018

Rabu, 20 Juni 2018, 10:39 WIB

Ilustrasi | Sumber Foto:pixabay

Pagelaran Piala Dunia 2018 di Rusia tengah mewabah di seluruh dunia. Pagelaran empat tahunan ini akan berlangsung sampai puncaknya, pertandingan final, 15 Juli 2018. Berdasarkan jadwalnya, beberapa pertandingan disiarkan pada malam dini hari. Bagi pecinta sepakbola, waktu tersebut tentu tidak mempengaruhi antusiasme Anda untuk tetap menonton. Semangat menonton ini tentu membuat Anda harus rela begadang hingga menjelang subuh.

Anda tentu sudah mengetahui bahwa kurang tidur bisa membahayakan kesehatan Anda. Efek dari kurang tidur adalah mulai dari mood buruk, fungsi kognitif dan membuat keputusan yang tidak optimal, hingga berujung pada obesitas atau diabetes. Bagi Anda yang tiap pagi harinya harus bekerja, kuliah, atau bersekolah. Hal ini tentu akan mempengaruhi aktivitas harian Anda. Agar tidak semakin lelah dan tubuh Anda semakin drop, berikut ini makanan yang dapat membantu dan mendorong stamina Anda saat harus beraktivas dengan keadaan tubuh kurang tidur.

1. Gandum

Gandum utuh atau whole-grain seperti pada oatmeal dan roti gandum membantu untuk menahan kita memakan makanan lebih banyak saat merasa lelah. Jenis makanan ini tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga karbohidrat kompleks yang dapat menghasilkan energi lebih banyak, dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh, serta dapat mencegah peningkatan kadar glukosa berlebih di dalam tubuh.

2. Kacang-kacangan

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang baik untuk menjaga rasa lapar berlebih dan dapat menjaga peningkatan hormon stress berlebih. Pemilihan konsumsi kacang tinggi lemak seperti kacang mede lebih baik, dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan pemanis yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

3. Telur

Salah satu dampak dari kondisi mengantuk adalah tekanan pada sel otot, namun hal ini dapat dikurangi dengan asupan asam lemak seperti EPA dan DHA yang terdapat di dalam putih telur. Senyawa asam lemak ini juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dengan mencegah peningkatan tekanan darah.

4. Keju

Keju mengandung zat thyamine. Thyamnie mengandung vitamin B1 yang berperan penting dalam pencernaan karbohidrat yang diperlukan tubuh. Sehingga tubuh akan kembali berenergi dan terstimulasi. Kamu dapat mengkonsumsi keju dengan makanan berkalori rendah seperti buah pisang atau roti gandum.


5. Ikan dengan kandungan minyak tinggi

Pada umumnya, berbagai jenis ikan laut memiliki kandungan minyak yang tinggi, misalnya ikan salmon, tuna, dan sarden. Lemak tak jenuh dan protein yang bersumber dari berbagai ikan jenis ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan lebih bertenaga, sehingga dapat meminimalisir rasa lapar lebih baik dan mencegah Anda mengemil. Lemak tak jenuh juga membantu efisiensi kerja otak sehingga Anda tetap dapat berkonsentrasi dan menjaga kestabilan mood walaupun sedang merasa lelah.

6. Mangga

Salah satu efek mengantuk adalah keinginan untuk memakan makanan manis. Konsumsi buah manga dapat mengatasi kondisi ini karena mangga mengandung banyak gula alami yang lebih baik untuk mengatur kadar energi tubuh dibandingkan gula tambahan pada makanan.

7. Blueberry

Salah satu kandungan buah blueberry adalah senyawa antioksidan yang dapat menguatkan imun tubuh. Dengan mengonsumsi blueberry kita dapat meminimalisir terjadinya infeksi penyakit akibat penurunan imunitas saat tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat. Buah blueberry juga berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar gula darah sehingga kita tidak menjadi mudah lapar.

8. Apel

Buah apel terkenal dengan kandungan zat besi yang membantu produksi oksigen, sehingga dapat menstimulasi energi ke otak agar tetap berenergi. Konon, bagi program diet, buah apel menjadi salah satu makanan anjuran. (Berbagai sumber/222)

BERITA TERKAIT