Tips Memilih Jeruk Manis dan Segar

Selasa, 03 Juli 2018, 12:57 WIB

Ilustrasi

AGRONET - Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Kandungan utama yang terdapat dalam jeruk adalah vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, rasanya yang segar dan mengandung banyak air, membuat jeruk kerap menjadi pilihan minuman pelepas dahaga atau pendamping makanan utama.

Saat ini sudah beragam cara orang mengkonsumsi jeruk. Cara instan yang paling populer adalah dengan meminum jus jeruk atau limun jeruk. Namun, tak sedikit orang yang menikmati buah jeruk dengan memakannya langsung. Bagi Anda yang lebih suka memakan buah jeruk, agar tidak kecewa karena kemungkinan mendapatkan jeruk yang asam. Tips berikut ini akan membantu Anda menemukan buah jeruk yang manis dan segar.

1. Pilih jeruk berkulit tipis dan halus

Tanda yang bisa diketahui bahwa jeruk tersebut sudah matang adalah berkulit tipis dan bertekstur halus. Jeruk seperti ini memiliki rasa manis dan sudah matang. Kandungan airnya pun akan lebih banyak.

2. Jeruk segar berkulit mengkilat

Salah satu tanda bahwa jeruk tersebut dalam kondisi segar adalah kulitnya terlihat mengkilat apabila terpapar sinar matahari atau sinar lampu. Kulit jeruk mengkilat juga menandakan bahwa kualitas jeruk ini baik dengan kematangan yang sempurna. Dan dapat dipastikan rasanya manis.

3. Lihat jeruk matang dari warnanya

Warna kulit menandakan bahwa buah jeruk memiliki tingkat kematangan yang sempurna. Bila ingin membeli jenis jeruk lokal, pilihlah yang memiliki warna kulit oranye kehijauan. Sedangkan untuk membeli jeruk mandarin, pilihlah buah yang berwarna oranye gelap atau oranye mencolok.

4. Tekan jeruk sebelum membeli

Sebelum Anda memasukkan jeruk ke dalam keranjang belanja Anda, pastikan Anda menekannya terlebih dahulu. Jeruk yang berkualitas baik apabila ditekan tidak terlalu keras dan lembek. Dengan demikian Anda akan mendapatkan jeruk yang manis dengan kandungan air yang segar dan banyak.

5. Bagian bawah jeruk sedikit cekung

Bagian bawah jeruk yang sedikit cekung akan memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang segar dan baik. (222)

 

BERITA TERKAIT