Supaya Daging Kambing Mudah Dikunyah dan Tidak Prengus

Senin, 20 Agustus 2018, 11:23 WIB

Daging kambing | Sumber Foto:Pixabay

AGRONET—Daging kambing memiliki aroma yang khas dan menyengat kuat. Tekstur daging kambing juga terkenal alot. Sehingga butuh cara ekstra dalam mengolahnya agar dapat lunak dan bau prengusnya hilang. Semakin tua usia kambing, maka semakin kuat bau prengus dan alotnya.

Bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1439 H, sebagian dari masyarakat Indonesia akan menghidangkan daging kambing sebagai menu keluarga. Bisa dalam bentuk sate, sup, tongseng, gulai atau menu lainnya.

Berikut ini tips bagi Anda yang hendak mengolah daging kambing sebagai menu Idul Adha nanti:

1. Bersihkan Daging

Bersihkan terlebih dahulu daging kambing dari debu-debu atau kotoran yang menempel. Namun, jangan mencucinya dengan air. Cukup lepaskan saja debu atau kotoran itu. Dan biarkan daging kambing dalam keadaan kering.

2. Jangan Dicuci

Saat hendak memasak, umumnya Anda akan mencuci bahan-bahan masakan Anda. Namun, untuk daging kambing Anda tidak perlu mencucinya. Daging kambing bila terkena air akan semakin alot dan bau amisnya semakin tajam. Langsung rebus saja daging kambing tersebut sampai daging terasa empuk.

3. Pisahkan Lemak dan Daging

Penyebab bau prengus dan alot juga disebabkan dari lemak yang menempel pada daging kambing tersebut. Makanya, sebelum diolah untuk dimasak, bersihkan lemak-lemak berwarna putih yang menggumpal tebal di daging kambing.

4. Rendam Daging Kambing dengan Nanas Muda

Untuk mmenghilangkan bau prengus dan melunakkan alotnya daging kambing, Anda juga bisa mencelupkan atau merendam daging kambing ke dalam parutan air nanas muda. Potong daging kambing dan siram dengan air panas. Lalu celupkan dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit. Pilihlah nanas yang masih berwarna hijau.

5. Gunakan Bumbu Rempah

Olahan daging kambing akan terasa lezat bila dimasak dengan benar dan menggunakan ramuan bumbu yang tepat. Karena itu jangan lupakan memakai rempah-rempah saat membuat menu daging kambing.

Mulai dari bawang putih, ketumbar, asam gula, serah, kapulaga, jahe, kunyit, sereh dan tidak ketinggalan cengkeh. Sebab, kekayaan rempah dan cara memasak yang benar akan membuat daging kambing empuk dan mudah digigit dan aroma serta rasa yang lezat. (222)

 

BERITA TERKAIT