Mudahnya Menanam Sawi Hijau di Polybag

Minggu, 02 September 2018, 07:36 WIB

Sawi Hijau di Polybag | Sumber Foto:ilmudasarpertanian.blogspot.com

AGRONET—Sawi hijau merupakan jenis sayuran yang sehari-hari dikonsumsi masyarakat. Sawi hijau biasanya menjadi campuran bagi menu mie ayam, bakso, dan capcay. Berdasarkan nilai gizinya, sawi hijau memiliki kandungan pro vitamin A dan asam askrobat (vitamin C) yang baik untuk tubuh. Secara khasiat, sayuran ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan pada penderita batuk, memperbaiki fungsi ginjal, membersihkan darah, menyembuhkan penyakit kepala, dan memperlancar pencernaan.

Meskipun sawi hijau lebih cocok ditanam di dataran tinggi. Namun, sayuran ini juga cocok ditanam di dataran rendah. Perhatian khusus yang perlu dilakukan hanya saat musim kemarau. Karena sayuran ini membutuhkan air yang cukup saat kemarau.

Dan bagi Anda yang ingin menanam sawi hijau dengan polybag di pekarangan rumah, langkah-langkah berikut ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Memilih Bibit Sawi

Bibit Sawi yang unggul memiliki ciri-ciri tertentu, yakni: berbentuk bulat, kecil, warna kulit coklat kehitaman, dan permukaannya lebih licin dan mengkilap. Untuk mengetahui bibit sawi tersebut baik atau tidak, Anda dapat mengetahuinya dengan terlebih dahulu merendam bibit tersebut. Apabila bibit tersebut tenggelam, berarti bibit tersebut baik untuk ditanam.

2. Menanam Bibit Sawi

Siapkan polybag dengan diameter 15 cm. Masukkan tanah humus atau pupuk kompos dan sob soil ke dalam polybag. Benih sawi dapat disemaikan ke dalam polybag  dengan menanam 2 - 3 bibit dalam satu polybag  setelah berusia 3-4 minggu. 

3. Perawatan

Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Bersihkan gulma di sekitar tanaman dengan cara mencabut.
Berikan pupuk tambahan untuk menambah unsur hara dalam edia polybag. Lakukan penyemprotan dengan insektisida jika tanaman terserang hama.

3. Memanen Sawi Hijau

Sawi hijau dapat dipanen ketika berusia 2 bulan. Memanennya dengan cara mencabut seluruh bagian tanaman atau dengan memotong bagian atasnya atau memetik bagian daunnya saja. Memanen dengan memetik daunnya saja dapat memperpanjang usia sawi. Sehingga tidak perlu mengulang proses penanaman. (222)


BERITA TERKAIT