Menjaga Stamina Ayam? Dijahe Saja

Senin, 05 November 2018, 20:22 WIB

Jahe | Sumber Foto:Pixabay

AGRONET--Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh manusia, jahe ternyata juga mampu mengobati serta menjaga kesehatan ayam. Nutrisi yang lengkap yang dikandung jahe membuat jahe banyak dimanfaatkan untuk menjaga stamina serta mengobati ayam peliharaan.

Khusus bagi pecinta ayam Bangkok dan ayam aduan, jahe bahkan dimanfaat sebagai jamu dan obat. Caranya sangat mudah, hanya tinggal merebus dua sampai tiga ruas jahe hingga aroma jahe tercium.

Agar aroma jahe lebih terasa, ada baiknya menggeprek jahe sebelum direbus.  Diamkan sejenak hingga air rebusan jahe dingin, baru kemudian diberikan pada ayam.

Air rebusan jahe dapat diberikan setiaphari. Namun lebih baik lagi jika diberikan pada malam hari, tujuannya agar memberikan rasa hangat pada tubuh ayam.

Terlebih pada saat cuaca dingin atau musim hujan air rebusan jahe memberikan rasa hangat pada tubuh ayam, meningkatkan stamina, serta sistem kekebalan tubuh ayam. Air rebusan jahe juga sangat cocok diberikan pada ayam yang masih anakan (DOC).

Para peternak ayam khususnya peternak ayam kampung dan ayam bangkok pun mengakui manfaat pemberian air rebusan jahe pada ternak. Jahe yang paling baik digunakan adalah jahe merah, karena memiliki kandungan gizi yang lebih berlimpah dibandingkan dengan jahe biasa.

Khasiat lain dari jahe yang mungkin belum banyak diketahui oleh para peternak pemula yaitu sebagai obat alami yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, yaitu membersihkan usus besar dan mengeluarkan gas beracun dalam tubuh ayam. Dengan fungsinya yang demikian, pemberian jahe pada ayam akan meningkatkan nafsu makan.

Selain manfaat manfaat di atas, jahe juga diyakini berkhasiat mengobati pembengkakan atau peradangan pada ayam. Jahe mengandung Gingerol, senyawa atau zat anti peradangan yang dipercaya sangat ampuh dapat mengurangi gejala pembengkakan serta meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot, sehingga sangat cocok untuk mengobati ayam lumpuh.

Campuran jahe dan kapur sirih juga sering digunakan sebagai obat oles pada ayam aduan. Dioleskannya campuran jahe dan kapur sirih pada kulit ayam akan mempertebal kulit dan berfungsi sebagai anti rontok.

Tidak hanya itu, para botoh juga bisa membuat jamu yang berbahan dasar jahe untuk menjaga stamina ayam aduan. Jahe yang dicampur dengan putihan telor bebek dan bubuk kopi, biasa diberikan sebagai pengganti suplemen atau vitamin. (MY)

BERITA TERKAIT