Membuat Nasi 'Oishi' Ala HokBen

Kamis, 29 November 2018, 15:01 WIB

Nasi Putih ala Hokben | Sumber Foto:Pixabay

AGRONET-- Cindy sering memesan makanan dari HokBen. Jejaring restoran ‘makanan Jepang’ itu. Biasanya ia melakukannya melalui layanan pesan antar, buat santap siang di kantor. Banyak alasannya memilih makanan itu. Salah satunya, menurut Cindy, “nasinya juara.”

Rasa nasi HokBen disebutnya pulen, lembut, harum, dan tentunya mengenyangkan. Oishi atau nikmat sekali. Hal yang tentu membuat penasaran penikmatnya. Jenis beras apa yang dipakai resto tersebut?

Apakah HokBen menggunakan beras khusus yang ada di Indonesia? Ataukah malah mengimpornya langsung dari Jepang? Tentu hanya restoran tersebut yang tahu persisnya. Namun ada cara untuk dapat membuat nasi spesial ala HokBen itu. Tidak harus mengimpor khusus berasnya dari Jepang.

Para pecinta agro tentu paham jenis beras pandan wangi. Salah satu jenis beras pulen asli Indonesia. Beras pandan wangi inilah rahasia di balik keistimewaan nasi oishi ala Hokben. Beras ini bukan langsung dimasak menjadi nasi agar oishi. Beras pandan wangi ini perlu dicampur dulu.

Beras pandan wangi itu perlu dioplos dengan beras ketan secara merata. Seorang pelaku bisnis beras menyebut takaran yang paling pas buat oplosan kedua beras itu. Agar menghasilkan nasi pulen itu, sepuluh bagian beras pandan wangi perlu dicampur dengan satu bagian beras ketan.

Campuran beras pandan wangi dan ketan inilah yang membuat nasi jadi lembut dan pulen. Jika kesulitan untuk mencampurnya sendiri, pedagang beras di pasar akan dengan senang hati melakukannya. Maka di rumah sekalipun dapat membuat sendiri nasi oishi ala HokBen.

BERITA TERKAIT