Melakukan Perawatan Sendiri Kucing Kesayangan, Tanpa Membuat Stres

Sabtu, 29 Desember 2018, 18:02 WIB

Pastikan kenal dengan baik kucing sebelum menyentuhnya. | Sumber Foto:Dok Rizal

AGRONET -- Sebesar apapun sayang kita ke kucing, seberapapun banyak kita ingin memanjakan mereka, perhatikan satu hal yang utama bahwa kucing mempunyai sifat tidak suka dipaksa, tidak suka hal yang terburu-buru, dan sebagian besar proses perawatan kucing berpotensi menimbulkan trauma.

Karenanya, lakukan perawata grooming kucing dengan lembut dan memperlakukan mereka layaknya seorang ibu merawat bayinya. Dengan begitu situasi yang tercipta akan lebih santai dan jauh dari ancaman, sehingga kucing nyaman, tidak stres dan tidak merasa tertekan. Pada akhirnya semua proses menjadi menyenangkan baik bagi kita maupun kucing kesayangan.

Pastikan kita kenal baik kucing kita sebelum menyentuhnya, sebab kita tidak ingin kucing kita marah dan tidak mempercayai kita lagi.

Perawatan yang perlu kita lakukan dua hingga tiga kali dalam sepekan:

  1. Menyisiri
  2. Memandikan
  3. Memotong kuku
  4. Membersihkan telinga
  5. Membersihkan area mata

Ada 2 tindakan lain yang bisa juga diperlukan. Pertama, mengecek benjolan maupun luka yang terjadi di kulit tubuh mereka. Kedua, mengecek area kemungkinan serangan kutu. Lakukanlah secara rutin, agar kucing kesayangan kita merasa senang dan aman sepanjang waktu.

Tindakan yang kedua tergantung dari jenis peranakan kucing kita. Tidak seperti anjing, kebanyakan kucing tidak memperlihatkan gejala awal yang terlalu jelas. Maka yang bisa kita lakukan adalah perhatikan area yang paling sering dijilat oleh kucing kita dan jika kita melihat ada kemerahan segeralah bawa mereka ke klinik hewan atau hilangkan dengan obat kutu.

Semakin dini anda melakukan perawatan rutin, semakin mudah kucing kita tangani di kemudian hari. Kebanyakan kucing akan merasa kurang nyaman selama prosedur perawatan dan mereka akan memberontak, bahkan tak jarang tiba-tiba menggigit.

Jadi alangkah lebih baik jika kita tidak melakukan seluruh prosedur perawatan sekaligus. Selain membantu mengurangi tingkat stres kucing, juga akan menghindarkan kita dari luka cakar maupun gigitan. Sebaiknya kita mulai dengan pijatan kecil di tubuh mereka sebelum akhirnya pelan-pelan kita menyisiri bulu-bulunya.

Berikut tahapan-tahapan dasar perawatan kucing:

  • Pijat lembut tubuh mereka agar mereka terbiasa dengan sentuhan tangan kita, hingga perlahan kucing merasa nyaman dan tidak mendeteksi ancaman.
  • Sambil memijat, kita bisa lakukan pengecekan seluruh tubuhnya. Memastikan bahwa tak ada luka, memar, atau pun benjolan di badan mereka.
  • Cek pula telapak kaki mereka. Pastikan tak ada kotoran menempel seperti permen karet atau duri di antara sela jari mereka.
  • Gunting kuku. Pastikan kuku mereka belum terlalu panjang. Kalau sudah terlalu panjang, segera gunting. Proses ini memang terkesan mengerikan, apalagi bila kita membayangkan salah potong atau melukai bagian jari mereka. Namun dengan latihan yang rutin, proses menggunting kuku akan menjadi sangat mudah dan cepat.
  • Menggunting kuku kucing bukanlah sesuatu yang tidak alamiah–sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa kuku kucing tidak perlu digunting karena di alam bebas mereka memang tidak digunting. Tetapi, karena kucing kita tinggal di rumah, coba pikirkanlah dampak buruk yang mungkin muncul jika kuku kucing kesayangan kita sudah terlalu panjang dan tajam.
  • Mulailah menyisir bulu mereka. Kucing-kucing berbulu panjang perlu disisir setiap hari, untuk memastikan tak ada kutu dan bulu rontok di tubuh mereka. Ada banyak alat sisir yang tersedia di toko-toko hewan peliharaan yang akan membuat pekerjaan kita jadi lebih mudah sekaligus membuat kucing kita merasa aman.
  • Periksalah telinga mereka, bersihkan telinga dari noda hitam atau kecokelatan yang biasanya menempel di dinding dalam telinga. Gunakan tisu yang lembut atau alat pembersih telinga kucing. Terkadang kita menjumpai kotoran yang sulit dibersihkan, untuk kasus seperti ini kit bisa menggunakan obat tetes telinga kucing atau membawanya ke klinik perawatan hewan terdekat. Jika proses ini sudah selesai, lakukanlah pemijatan di area belakang telinga.
  • Memandikan kucing bukanlah hal yang perlu dilakukan setiap hari, tetapi perlu dilakukan secara berkala dan sebaiknya kita membuat jadwal mandi. Sebelum dimandikan, pastikan bulu-bulu kucing sudah disisir secara merata, ini akan memudahkan shampo untuk menyebar dan menyerap di kulit mereka. Selalu gunakan shampo yang memang diperuntukkan untuk kucing agar kecerahan warna serta kesehatan bulu dan kulit mereka terjaga. (Dari berbagai sumber/ 234)

BERITA TERKAIT