Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Pewangi dan Penyegar

Minggu, 30 Desember 2018, 08:22 WIB

Kulit Jeruk | Sumber Foto: cdn.klimg

AGRONET -- Kulit jeruk mempunyai banyak manfaat. Dapat digunakan antara lain sebagai pembersih dan penyegar ruangan.

Seperti tips yang diberikan Bruce Lubin dan istrinya, Jeanne. Lebih dari 20 tahun mereka sudah mengumpulkan berbagai tips dan kiat untuk menghemat waktu, uang, dan cara-cara untuk membuat pekerjaan rumah lebih mudah, termasuk salah satunya dengan memanfaatkan kulit jeruk.

Seperti dikutip dalam Balitjestro Litbang Pertanian, hanya dengan memanfaatkan kulit jeruk pasangan ini membagikan tipsnya. Simak berikut ini:

Oven
Jangan Anda buru-buru membuang kulit jeruk. Bagi yang punya oven dengan fitur “membersihkan otomatis,” tentunya oven tersebut akan “membersihkan dirinya sendiri” dan ada bau tak sedap tertinggal di dalamnya. Anda bisa menghilangkan bau tidak sedap itu dengan menggunakan kulit jeruk.

Caranya, turunkan panas oven menjadi 350 F (176,6 C) setelah proses “pembersihan otomatis” selesai. Kemudian, masukkan kulit jeruk yang sudah ditaruh di nampan panggang, dan masak kulit jeruk tersebut selama setengah jam. Oven dan seluruh dapur Anda akan wangi dan  segar seketika.

Sepatu
Kulit jeruk pun bisa Anda manfaatkan untuk mengharumkan sepatu dengan cara masukkan kulit jeruk ke dalam sepatu. Kulit jeruk akan menyerap kelembaban di dalam sepatu dan membuat sepatu Anda wangi.

Lemari es
Kulit jeruk ternyata mampu membuat lemari es lebih harum. Bahkan, di antara berbagai bahan alami lainnya, jeruk atau jeruk bali lebih ampuh menghilangkan bau tidak sedap di lemari es.

Caranya pun mudah. Anda hanya perlu menaburkan garam pada kulit jeruk atau jeruk bali, kemudian letakkan di bagian belakang lemari es. Ganti secara berkala ketika kulit jeruk sudah sangat lembab.

Mudah bukan? Selamat mencoba! (dari berbagai sumber./591)