Cara Membedakan Bebek Jantan dan Betina

Jumat, 04 Januari 2019, 11:19 WIB

Penting untuk bisa membedakan jenis kelamin bebek. Sebelum mulai beternak. | Sumber Foto:dok Istimewa

AGRONET --  Sebelum mulai beternak bebek , ada satu hal penting yang harus diketahui, yaitu membedakan jenis kelamin bebek, tujuannya agar tidak salah memilih bibit dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Mengetahui jenis kelamin bebek dari anakan bertujuan untuk memudahkan kita dalam mencari bibit yang sesuai dengan tujuan utama kita beternak bebek. Misalnya jika kita ingin ternak bebek petelur maka kita harus mencari bibit bebek betina lebih banyak dibanding bibit yang jantan.

Alasan lain adalah agar kita tidak mudah ditipu, sebab harga bibit bebek betina lebih mahal dibanding bibit bebek jantan..

Ada tiga cara yang sering dilakukan oleh para peternak bebek, ataupun para penyedia bibit bebek (DOD) untuk membedakan bebek jantan dan bebek betina yang masih anakan:

1. Metode Hand Sexing

Cara untuk membedakan anak bebek jantan dan bebek betina yang pertama adalah dengan Metode Hand Sexing atau dengan cara memegang dan melihat pada bagian kloakanya.

Pegang anak bebek menggunakan tangan kiri dengan posisi punggung dibawah, kemudian periksa pada bagian dubur atau kloakanya, apabila terdapat tonjolan kecil berwarna putih seperti akar kecambah, sudah bisa dipastikan itu adalah bebek jantan, namun jika tidak ada maka itu adalah bebek betina.

2. Metode Voice Sexing

Cara untuk membedakan anak bebek jantan dan bebek betina yang kedua yaitu dengan Metode Voice Sexing atau dengan cara mendengarkan suaranya.

Pegang anak bebek, kemudian tekan pada bagian pangkal leher di dekat tembolok, apabila mengeluarkan suara serak atau berat maka diperkirakan itu adalah bebek jantan, tetapi jika suara yang dikeluarkan melengking atau nyaring, berarti itu adalah bebek betina.

3. Metode Bend Sexing

Cara untuk membedakan bebek jantan dan bebek betina yang ketiga yaitu dengan Metode Bend Sexing atau dengan melihat tingkah laku serta gerak-geriknya.

Caranya cukup dengan memperhatikannya, biasanya anak bebek jantan terlihat cukup tenang, tidak banyak bertingkah, bulu anak bebek jantan lebih kasar dan kepalanya lebih besar.

Sedangkan untuk anak bebek betina biasanya terlihat gelisah, apabila mendengar suara atau orang yang asing akan berisik atau ribut, dan gampang kaget, bulu anak bebek betina lebih halus serta ukuran kepalanya lebih kecil.

Bebek Dewasa

Untuk mengetahui jenis kelamin bebek betina dewasa dan bebek jantan dewasa jauh lebih mudah, jika dibandingkan dengan bebek yang masih anakan, karena dapat dilihat dari fisiknya.

Ciri-ciri dan perbedaan bebek jantan dan bebek betina dewasa

  • Ukuran tubuh bebek jantan dewasa lebih besar dibandingkan dengan bebek betina,
  • Saat musim kawin, warna bulu bebek jantan terlihat lebih mengkilap, sedangkan warna bulu bebek betina terlihat kusam,
  • Suara bebek jantan cenderung lembut atau tidak keras, namun untuk bebek betina suaranya lebih keras,
  • Bulu ekor bebek jantan bagian ujungnya terlihat melengkung ke atas sedangkan bulu bebek betina tidak. (234)