Cara Mengatasi Hama Codot pada Tanaman Buah

Sabtu, 12 Januari 2019, 09:18 WIB

Tentu menjengkelkan jika buah siap panen dimakan codot. | Sumber Foto:dok istimewa

AGRONET --  Serangan dari hama codot  tentu sangat menjengkelkan, karena biasanya codot memakan hasil buah yang telah ranum dan siap panen, padahal kita telah merawat pohon buah tersebut mulai dari bibit hingga  siap menghasilkan.  Akan sangat menjengkelkan jika yang menikmati segala jerih payah tersebut adalah hama codot.

Ada dua jenis codot yang sering mampir ke kebun budidaya kita. Yang pertama adalah codot pemakan serangga, dan yang kedua adalah codot pemakan buah. Jenis codot pemakan buah inilah yang seringkali merepotkan, karena kehadirannya membuat produksi buah menjadi turun.

Cara mengatasi hama codot ini terdiri dari banyak teknik baik itu secara kimiawi maupun alami. Untuk lebih memahami teknik pengusiran hama, sebaiknya kita terlebih dahulu mengenal karakteristik dari hama tersebut, apa yang membuatnya lemah, apa yang selalu dihindarinya, bahkan apa saja yang mungkin menyebabkan sang hama menjadi resisten.

Demikian pula dengan hama codot, tentu pengenalan akan morfologi dan sifat alami dari mamalia terbang ini akan membantu kita dalam mengatasi serangannya. Berikut beberapa upaya penanggulangan hama codot jika dilihat dari kelemahan hama tersebut.

Memangkas Ranting atau Cabang Pohon 

Pangkas cabang pohon yang tidak produktif, karena selain akan menghambat proses pembentukan buah, cabang pohon yang terlalu tinggi atau rimbun merupakan tenpat faforit hama codot untuk bergelantungan. Dengan meniadakan “rumah” bagi hewan ini, maka dengan sendirinya hewan tersebut akan pergi mencari tempat baru yang lebih nyaman.

Berikan Penerangan Ekstra

Hama codot adalah salah satu binatang yang menyukai kondisi gelap, oleh sebab itu mereka selalu beroperasi di malam hari. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mulai memasang lampu-lampu penerang di sekitar perkebunan agar hama codot enggan mampir dan menghabiskan buah-buah yang siap panen. Semakin terang cahaya yang nampak, maka akan membuat hama codot semakin tidak nyaman.

Usir dengan Bilah Panjang

Cara ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, begitu megetahui adanya gerakan hama codot yang mendatangi pohon buah Anda, lekaslah mengganggu atau mengusikknya dengan bilah panjang.

Mungkin akan dibutuhkan beberapa waktu atau hari untuk membuat hama codot kapok mendatangi perkebunan Anda, namun cara ini terbukti sangatlah efektif untuk menakuti hama codot.

Pasang Jaring Jebakan

Cara yang lebih efektif dapat kita praktekkan dengan membuat jaring jebakan. Jaring-jaring ini akan membuat hama codot terjerat dan tidak dapat melepaskan diri hingga pagi, ketika itulah kita dapat menangkapinya dengan leluasa.

Cara membuat jaring jebakan ini pun sangat sederhana, Anda dapat merentangkan jaring dengan kualitas baik yang kuat dan memiliki panjang serta lebar yang cukup. Ikatkan kedua ujung jaring pada dua bilah bambu yang berseberangan, lalu tancapkan di sekitar lahan perkebunan buah Anda sebagai perlindungan dari serangan hama codot.

Buru dengan Bedil

Kita dapat memburu hama codot dengan bedil, keuntungan lain jika dapat mengolahnya, maka codot dapat pula dikonsumsi menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Sayangnya tidak semua orang ahli  menggunakan bedil terlebih saat malam hari suana gelap. 

Gunakan Suara Ultrasonik

Hama codot adalah mamalia dengan kemampuan pendengaran super, hewan tersebut biasa mendengar gelombang suara ultrasonik sebagai alat navigasinya. Unduhlah aplikasi perangkat suara ultrasnik pada smartphone Anda, lalu pada jam-jam kritis serangan hama codot, Anda dapat menyalakan aplikasi tersebut pada area perkebunan. 

Dengan adanya suara ultrasonik tersebut, para kawanan codot akan terganggu navigasinya dan merasa tidak nyaman sehingga dipastikan mereka akan keluar meninggalkan area perkebunan. Anda tidak perlu khawatir apabila suara ultrasonik tersebut akan mengganggu pendengaran Anda maupun para tetangga di sekitar, karena manusia memiliki rentang pendengaran yang terbatas sehingga tidak mampu menjangkau gelombang suuara ultrasonik ini. Anda pun dapat mengusir codot dengan rasa aman dan nyaman.

Pelihara Katak

Jika Anda memiliki satu area cukup luas yang tidak terpakai pada lahan perkebunan buah, maka tidak ada salahnya untuk membuat kolam di tempat tersebut. Peliharalah beberapa ekor katak di dalamnya, suara katak yang bersaut-sautan pada malam hari diketahui sangat mengganggu para codot. Lama kelamaan hama tersebut pun akan menjauhi perkebunan Anda dengan sendirinya tanpa Anda harus bersusah payah mengusirnya.

Gunakan Aroma Belerang

Codot sangat tidak menyukai aroma belerang, hal ini tentu dapat Anda manfaatkan untuk mengusir hewan liar tersebut dari perkebunan. Bakarlah belerang secukupnya di area yang biasa didatangi oleh hama codot, aromanya yang menyengat akan membuat hama codot menjauh dari perkebunan. Selain mudah, cara ini juga dinilai murah karena harga belerang yang cukup terjangkau.

Letakkan Terasi

Selain belerang, ternyata aroma dari bumbu dapur terasi sangat dibenci oleh hama codot. Letakkan saja beberapa terasi pada tempat-tempat yang kerap disinggahi hama codot, atau gantungkan pada ranting-ranting pohon buah Anda, niscaya hama ini tidak akan berani untuk kembali lagi.

Semprotkan Insektisida

Cara ampuh lainnya adalah dengan menyemprotkan insektisida. Apabila Anda khawatir akan dampak negatif yang dapat ditimbulkan pada tubuh yang mengkonsumsi buah hasil semprotan insektisida, maka semprot saja disinfektan tersebut pada batang atau ranting pohon. Aroma insektisida yang menyengat sudah cukup membuat hama codot berpaling dari kebun buah Anda. 

Tentu saja tidak semua cara harus dipraktekkan secara bersamaan, Anda hanya perlu memilih dan menerapkan beberapa teknik yang cocok untuk dilaksanakan di kebun Anda. Semoga Berhasil. (234)

BERITA TERKAIT